Home » Otomotif » Tips Mengetahui Mesin Mobil Bekas Dalam Keadaan Sehat

Tips Mengetahui Mesin Mobil Bekas Dalam Keadaan Sehat

Bicara tentang mobil bekas tentunya akan langsung berpikir apakah mesin masih dalam keadaan sehat karena perawatan yang dilakukan atau mesin sudah rusak akibat kurangnya perawatan dari pemilik sebelumnya. Maka itu, penting sekali mengadakan pertemuan dengan penjual untuk mengecek dan mengetahui kondisi mesin secara langsung. Tentunya kondisi mesin tidak bisa ditawar lagi, jika mesin mobil bekas mengalami kerusakan ada baiknya untuk tidak melanjutkan pembelian karena ada banyak risiko yang harus ditanggung ke depannya. Semua orang tahu bahwa mesin menjadi komponen utama yang sangat penting, jadi saat membeli mobil bekas harus bisa memastikan mesin dalam keadaan sehat. Lalu bagaimana cara mengetahui mesin mobil bekas yang akan dibeli dalam keadaan sehat, berikut ini caranya.

 

Transmisi lancar

Cara pertama adalah mencoba mengecek transmisi kendaraan, jika selama dikendarai berfungsi dengan lancar maka mengindikasikan mesin mobil juga masih bekerja dengan baik. Tetapi jika pengemudi merasa kesulitan memindahkan transimi dari satu gigi ke gigi yang lain maka bisa jadi ada masalah atau kendala pada mesin. Jadi ini pentingnya test drive sebelum membeli agar calon pembeli bisa mengetahui banyak hal tentang kendaraan tersebut.

Coba untuk menanjak

JIka tinggal di sekitaran gunung atau bukit yang memiliki jalan menanjak maka bisa membawa kendaraan ke area tersebut untuk membuktikan mesin sehat atau tidak. Saat mobil menanjak, mesin sehat akan menanjak dengan halus, sedangkan mesin yang tidak sehat akan membuat mobil tersendat dan biasanya ada suara atau getaran yang terjadi saat menanjak.

Tidak ada kebocoran pada bensin dan oli

Bagian lain yang mesti dicek untuk menunjukkan kesehatan mesin yaitu tidak adanya kebocoran yang terjadi baik dari bensin, oli mesin, atau cairan lainnya. Jika terjadi rembes pada beberapa bagian mesin, tentunya itu menjadi indikasi adanya masalah kebocoran pada mesin yang harus segera diperbaiki.

Asap kendaraan tidak berwarna

Mesin yang sehat bisa dilihat dari asap kendaraan yang tidak berwarna sama sekali dan hal tersebut menunjukkan normal dan tidak ada masalah. Tetapi jika warna asap sudah mulai berubah menjadi warna putih atau bahkan hitam, maka bisa dipastikan mesin sedang dalam keadaan tidak baik-baik saja. Adanya warna asap menunjukkan bahwa proses pembakaran tidak sempurna akibat dari campuran warna oli dari area mesin.

Suara mesin halus

Saat baru dinyalakan dan suara yang dihasilkan mobil tetap halus maka bisa dipastikan kondisi mesin masih prima. Tetapi bila ada kesulitan untuk menyala apalagi mengeluarkan suara yang kasar dan terdengar kencang maka itu menjadi indikasi terjadi gangguan mesin.

Sebenarnya masih ada banyak lagi cara cek mesin mobil bekas sehat atau tidak. Jika tidak ingin mengambil risiko yang besar maka ada baiknya membeli kendaraan bekas di platform jual beli mobil bekas terpercaya seperti mobbi. Sejak pertama kali diperkenalkan, belum memiliki nama mobbi melainkan mo88i tetapi mulai sekarang berganti nama jadi mobbi. Setiap pembeli tidak akan mengalami kerugian beli mobil di mobbi karena sudah ada proses pengecekan lebih lanjut dan paling lengkap menggunakan sistem canggih oleh Astra Car Valuation.

Leave a Comment