Home » Tips dan Trik » Tips Memulai Bisnis Air Minum Isi Ulang dari Nol

Tips Memulai Bisnis Air Minum Isi Ulang dari Nol

Apakah Anda berkeinginan untuk membuka depot air minum isi ulang dari nol? Artinya Belum sama sekali memiliki strategi bisnis yang tepat serta menentukan lokasi di mana usaha ini akan jalankan. Atau bahkan sebenarnya  ragu-ragu untuk memulainya karena tidak tahu apa yang harus diperbuat.

Jangan bingung, karena kami akan memberikan tips memulai bisnis air minum isi ulang dari nol yang bisa  Anda pertimbangkan ketika memutuskan untuk menanamkan modal pada usaha ini. Apa saja tipsnya simak ulasan bisnis di bawah ini.

Mengkalkulasi Anggaran Modal

Langkah pertama memulai bisnis adalah Anda harus mengkalkulasi anggaran yang dibutuhkan untuk dijadikan modal. Biaya yang harus menentukan mulai dari penyewaan ruko,  pembayaran karyawan, pembelian perangkat teknologi, bahan baku dan lain sebagainya. 

Penganggaran ini sangat penting karena harus memenuhi seluruhnya dari segi modal. Kecuali jika ada perjanjian usaha antara Anda dengan supplier. Namun, demikian hal tersebut tetaplah Anda catat sebagai  bagian dari keuangan bisnis.

Perhitungan BEP atau Balik Modal

Perhitungan biaya modal tersebut harus termasuk dengan rencana berapa lama yang diperlukan agar modal kembali seluruhnya atau dikenal sebagai break even point.  Sehingga Anda akan tahu kapan perlu adanya pengembangan produk dan lain sebagainya.

Menentukan Lokasi Strategis

Tips berikutnya adalah Anda harus menentukan lokasi penjualan yang strategis.  Bisa memilih di sekitar perumahan yang tentu saja akan menjadi konsumen tak terbatas.  atau berada di sekitar lingkungan usaha di mana mereka pasti akan membutuhkan air isi ulang dalam jumlah yang banyak.

Pilihan lainnya adalah menjadi supplier air minum bagi perkantoran atau sekolah yang memberikan fasilitas air minum bagi karyawan serta peserta didik.  Dengan demikian Anda sudah memiliki konsumen tetap sebagai sumber pendapatan.

Bekerjasama dengan Supplier Terpercaya

Tips selanjutnya adalah Anda harus memulai usaha dengan bekerja sama dengan supplier yang terpercaya. Baik pengadaan peralatan yang digunakan untuk memproduksi air bersih ulang dengan kualitas baik serta bahan baku airnya. 

Kedua hal Ini sangat penting dipertimbangkan, karena merupakan modal dasar yang harus Anda pelajari terlebih dahulu. Wajib mengenali bagaimana supplier bekerja sehingga dapat memastikan kualitas air yang dihasilkan memenuhi standar kesehatan.

Juga harus memastikan bahwa bahan bakunya sesuai dengan standar bahan baku air minum. Artinya tidak dapat sembarangan diambil dari sumber mata air apapun tanpa terkecuali harus sesuai dengan standar kesehatan. 

Dengan bekerjasama dengan supplier teknologi, misalkan menggunakan  mesin cup dealer filling botol  dan bahan baku air yang terpercaya, maka jika terjadi sesuatu hal, misalkan perangkat rusak atau bahan baku air tidak sesuai, maka akan ditangani dengan cepat.

Dapat memanfaatkan tips untuk memulai bisnis membangun depot air minum isi ulang dari nol di atas. Sesuaikanlah dengan kondisi dan fokuskanlah agar hasil yang diharapkan menjadi lebih maksimal. Jangan takut untuk memulai bisnis karena dengan strategi yang tepat, usaha ini dapat dijadikan sumber pendapatan utama.

Leave a Comment