Home » Rumah » Tips Cegah Kamar Mandi Bebas Rembes dan Bocor dengan Semen Mortar

Tips Cegah Kamar Mandi Bebas Rembes dan Bocor dengan Semen Mortar

Sesuai fungsinya, kamar mandi jadi salah satu area di rumah yang cenderung basah serta memiliki potensi jadi sumber kelembaban. Bagaimanapun konsep serta desain kamar mandi, kemungkinan besar dapat terjadi bocor dan rembes. 

Rembes dan bocor dapat muncul dari bathtub, shower, closet, wastafel, bak mandi, atau juga saluran pembuangan. Masalah akan kian serius jika rembesan menembus ke dinding ataupun lantai ruang lain di sekitar kamar mandi. 

Timbulnya noda rembesan serta tumbuh jamur ataupun lumut karena kelembaban tinggi akan kurangi keindahan interior dan pelan-pelan bisa merusak material. Belum lagi jika kamar mandi Anda ada di lantai atas dan ruangan di bawahnya yang terdampak adalah kamar tidur, ruang duduk, dan lain-lainnya. Pastinya akan mengganggu kenyamanan, bukan? 

Maka dari itu, di sini akan membahas mengenai tips untuk mencegah kamar mandi dari bocor dan rembes. 

Mari simak pembahasan di bawah ini! 

Tips Cegah Kamar Mandi dari Rembes dan Bocor

Salah satu tips untuk mencegah kamar mandi dari bocor dan rembes adalah dengan pengaplikasian pelapis anti rembes. Spesifikasi anti rembes pun perlu Anda terapkan di pelapis dinding dan lantai yang seperti acian, plester bangunan, serta pelapis akhir, keramik, car, batu alam, dan lain sebagainya. 

Pakai mortar dicampur dengan bahan aditif yang kedap air untuk plesteran atau untuk spesi pasangan keramik di dinding, lantai, serta bak mandi. Pastikan mortar pada bawah keramik cukup padat, serta keramik dipasang presisi dengan bahan pengisi nat tepat. Supaya risiko rembes kian kecil, aplikasikan bahan pelapis yang kedap air sebelum acian keramik dinding atau lantai. Aplikasikan pula bahan pelapis kedap air ini memakai roller atau kuas seperti ketika mengecat. 

Terapkan pada seluruh permukaan dan bisa diulang untuk bagian-bagian krusial serta berpotensi rembes atau bocor lebih tinggi, seperti shower, bak mandi, bathtub, closet, serta wastafel, pun saluran air kotor.

Untuk kamar mandi di lantai atas, bahan pelapis kedap air, ada baiknya diaplikasikan 3 hingga 4 lapis sebelum acian keramik. Tiap lapisan disapukan dengan arah yang berlawanan. 

Untuk sempurnakan kemampuan dinding maupun lantai menangkal rembesan, pastikan Anda pun aplikasikan bahan pelapis akhir yang bersifat dekoratif yang tahan pada air, uap, serta kelembaban. 

Pilihlah jenis cat khusus untuk kamar mandi kedap air untuk beton atau dinding plesteran. 

Nah, begitulah salah satu tips untuk mencegah kamar mandi dari bocor dan rembes. Untuk lebih maksimal, Anda perlu menggunakan semen mortar yang terbaik. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment