Home » Ragam » 5 Tips Atasi Rambut Mengembang Mudah Sederhana

5 Tips Atasi Rambut Mengembang Mudah Sederhana

Salah satu masalah rambut yang sering terjadi adalah rambut mengembang. Masalah rambut ini membuat rambut sulit ditata, serta membuat kepercayaan diri menurun.

Tidak perlu khawatir jika kamu mengalami masalah rambut ini. Sebab, kami akan memberikan 5 tips untuk mengatasinya, dimana tips-tips itu bisa dibaca di bawah ini!

5 Tips Atasi Rambut Mengembang yang Mudah dan Sederhana

1. Keramas Secara Teratur

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah keramas secara teratur. Cara ini bisa membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. Agar cara ini semakin berhasil, kamu harus menggunakan air dingin saat sedang keramas.

2. Biarkan Rambut Kering Secara Natural

Setelah keramas, sebaiknya jangan mengeringkan rambutnya dengan hairdryer. Cara tersebut justru akan membuat rambut semakin mengembang. Sebagai gantinya, biarkan dulu rambutnya setengah mengering. Setelah itu, oleskan serum atau vitamin dan angin-anginkan rambut sampai kering. Saat rambutnya sudah kering sepenuhnya, kamu boleh menggunakan hairdryer agar rambutnya bisa lebih rapih.

3. Gunakan Sampo dan Conditioner yang Tepat

Agar rambutmu bisa bersih dan tidak mengembang, kamu harus gunakan sampo dan conditioner yang tepat. Untuk sampo, kamu harus gunakan sampo dengan bahan berkualitas dan membuat rambutmu jadi lebih sehat. Untuk conditioner, pilihlah produk yang formulanya bisa melembutkan rambut, sehingga rambut bisa lebih mudah diatur dan tidak kusut.

4. Lakukan Deep-Conditioning Setiap Minggu

Dibanding memakai conditioner biasa, lebih baik kamu gunakan deep-conditioner agar rambut tidak mengembang. Deep-conditioner jauh lebih kuat dari conditioner biasa dan bisa menyentuh semua bagian rambut. Baik itu permukaan rambut maupun bagian terdalamnya.

Saat memakai deep-conditioner, kamu harus membiarkannya menyerap sempurna selama 10-30 menit. Hal ini tentu berbeda dengan conditioner biasa yang hanya memakan waktu 1-3 menit saja. Frekuensi pemakaiannya pun harus dilakukan. Pada deep-conditioner, sebaiknya digunakan seminggu sekali saja agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya.

5. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Menyisir rambut adalah hal yang biasa dilakukan setelah rambut kering. Agar rambutmu tidak mengembang, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang. Sisir ini bisa membuat rambut bisa lebih rapi dan mudah terurai. Gunakan sisir ini saat rambutmu masih basah.

Jika rambut susah terurai saat kamu menyisirnya, kamu jangan memaksakannya agar lebih terurai. Hal tersebut bisa membuat rambut rentan mengalami kerontokan dan patah. Kalau pun rambutmu masih kusut dan susah terurai dengan sisir, kamu bisa membantu mengurainya dengan jari tanganmu.

Akhir Kata

Rambut mengembang bisa membuat rambut susah diatur dan menurunkan kepercayaan dirimu. Jika itu terjadi, kamu bisa lakukan 5 tips di artikel. Mudah-mudahan tips tersebut bisa kamu praktikkan dengan baik, sehingga rambutmu pun jadi lebih mudah diatur. Sampai jumpa di artikel Mamibuy.co.id berikutnya!

Leave a Comment