Home » Bisnis » Tips Agar Reksadana Saham Menguntungkan

Tips Agar Reksadana Saham Menguntungkan

Reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana masyarakat sebagai pemodal. Reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang dapat dilakukan oleh pemula, karena pemodal kecil dan tidak memiliki banyak waktu serta keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Mengacu pada Undang-Undang No 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal, dana dari masyarakat pemodal selanjutnya akan diinvestasikan dalam portofolio efek yang kemudian dipercayakan kepada pihak Manajer Investasi untuk mengelolanya. Keuntungan investasi nantinya akan diperoleh lewat pembagian deviden atau bunga yang dibukukan pada Nilai Aktiva Bersih (NAB), sehingga Manajer Investasi akan mendapatkan fee dari persentase yang ditentukan dari nilai aset.

Reksadana memiliki banyak jenisnya yaitu reksadana pasar uang, Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT), reksadana campuran dan reksadana saham. Beberapa keuntungan melakukan investasi reksadana adalah;

  1. Dapat dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar dan bisa dilakukan diversifikasi investasi dalam efek.
  2. Memudahkan pemodal untuk melakukan investasi di pasar modal, walaupun dengan pengetahuan yang terbatas dalam menentukan saham mana yang baik untuk dibeli.
  3. Mudah dan lebih efisien, karena investor tidak harus memantau kinerja investasinya secara terus menerus karena sudah dibantu oleh Manajer Investasi yang profesional.

Salah satu jenis investasi yang cukup banyak diminati oleh masyarakat karena return yang cukup menjanjikan adalah reksadana saham. Reksadana saham dan saham tidak jauh berbeda, karena keduanya memiliki portofolio berupa saham.

Portofolio ini nantinya dikelola oleh Manajer Investasi dengan cara menjual dan membeli saham saat harga saham memungkinkan untuk transaksi. Hasil yang didapatkan dari investasi reksadana saham adalah selisih kenaikan atau turun harga jual beli saham.

Cara bermain reksadana saham dengan saham sangat berbeda. Tidak seperti investor saham yang harus terjun langsung untuk mengamati fluktuasi harga, investor reksadana saham tidak perlu, karena yang akan mengamati langsung adalah Manajer Investasi.

Lalu tidak semua saham dapat dibeli melalui reksadana saham. Hanya perusahaan yang memiliki badan hukum yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau luar negeri yang dapat dibeli melalui reksadana saham, hal ini dikarenakan untuk melindungi investor, dan prosedur pendaftaran perusahaan pun tidak mudah karena diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Adapun cara simple dan fleksibel dalam memulai investasi reksadana melalui digital banking yang merupakan layanan perbankan melalui media digital, sehingga dapat memberikan kebebasan bagi investor untuk mengontrol aset dimana saja.

Return yang ditawarkan reksadana saham memang cukup menjanjikan. Namun jangan terkecoh dengan penawaran return yang menggiurkan, karena dibalik itu ada resiko yang tinggi. Reksadana saham dikenal dengan prinsip high risk high return. Resiko reksadana saham lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis reksadana lainnya.

Memahami return and risk sangat penting agar hasil yang didapatkan dari reksadana saham lebih maksimal. Resiko atau risk pada reksadana saham sangat fluktuatif, sehingga kondisinya tidak dapat diprediksi dengan mudah.

Angka keuntungan dan kerugian pada reksadana saham dapat meningkat tajam atau turun bebas kapan saja. Dengan sifatnya high risk high return, tidak menjadi penghalang dalam berinvestasi reksadana saham. Dengan perencanaan yang baik dan tepat, tentunya segala resiko dapat diminimalisir dengan baik bahkan bukan tidak mungkin akan menjadi keuntungan yang berlipat.

Agar kamu dapat bisa mendapatkan keuntungan dari reksadana saham secara maksimal, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu ketahui;

  • Menentukan Tujuan Rencana Keuangan yang Tepat

Investasi yang tepat adalah menjalankan investasi dengan tujuan keuangan dalam jangka panjang. Apabila suatu hari kamu membutuhkan dana darurat sedangkan investasi yang kamu pilih adalah reksadana saham, maka jenis investasi ini tidak tepat.

Investasi reksadana saham setidaknya membutuhkan waktu 15 tahun atau lebih sebagai jangka waktu yang ideal. Hal ini dikarenakan tingginya fluktuasi harga pasar yang selalu berubah. Reksadana saham dianjurkan bagi kamu yang mempunyai rencana keuangan jangka panjang lebih dari 15 tahun.

Apabila kamu melakukannya dalam jangka waktu yang cukup panjang, ada kemungkinan untuk mendapatkan return yang sangat tinggi.

  • Review Kinerja Reksadana Saham dengan Tepat

Cara terbaik untuk mengetahui kinerja reksadana saham adalah dengan melakukan review kinerja. Waktu yang tepat untuk melakukan review kinerja adalah per lima tahun sekali, karena reksadana saham hanya dapat menunjukan return sesungguhnya setelah jangka panjang. Diperlukannya data-data yang memperlihatkan konsistensi kinerja dalam kurun waktu yang lama, agar kamu tidak terkecoh.

Salah satu digital banking yang cocok bagi kamu, untuk memulai investasi reksadana saham adalah melalui layanan digital banking dari aplikasi digibank by DBS. Aplikasi digibank by DBS semakin lengkap dengan pilihan produk investasi seperti sajian rumah makan padang, segala jenis investasi ada.

Dengan modal awal yaitu Rp 100.00,00 kamu sudah bisa melakukan investasi reksadana saham di Aplikasi digibank by DBS. Kategori reksadana lebih mudah karena berkinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik. Kamu tidak perlu mengunduh banyak aplikasi reksadana, karena dengan menggunakan digibank by DBS, kamu bisa melakukan pembelian lebih dari 50 produk produk, jual dan switch dari satu aplikasi.

Biaya pembelian di Aplikasi digibank by DBS sangat kompetitif dengan mengutamakan transparansi dalam bertransaksi, semua biaya akan dimunculkan sebelum kamu memberikan konfirmasi transaksi sehingga pembelian pun dapat dilakukan secara berkala dan flexible. Proses yang dilakukan digibank by DBS 100% digital di bank teraman Asia, yaitu Bank DBS.

Bagi kamu yang penasaran melakukan investasi reksadana saham, kamu bisa mencoba mengunduh Aplikasi digibank by DBS dan tingkatkan caramu berinvestasi dengan beragam pilihan produk untuk mengelola keuangan hanya melalui satu aplikasi. Kamu juga bisa mengunjungi media sosialnya di @digibankid untuk info selengkapnya.

Leave a Comment