hamil
menyusui
hamil minggu
anak sakit
Asi
MPASI
Resep mpasi
GTM
review

Diet Setelah Melahirkan dan Fakta Baru Diet Rendah Karbohidrat

Sebagai  perempuan, kita pasti kita pernah mencoba melakukan diet, baik itu untuk mengurangi atau menambah berat badan, pada suatu waktu dalam hidup kita.

Sebagai perempuan, kita pasti kita pernah mencoba melakukan diet, baik itu untuk mengurangi atau menambah berat badan, pada suatu waktu dalam hidup kita. Mengalami kehamilan adalah pengalaman terbaik yang bisa dimiliki oleh perempuan. Hal ini memungkinkan kita untuk mengalami jadi ibu sepenuhnya dan merasakan keajaiban dalam melahirkan ciptaan baru ke dunia. Tetapi hamil tidak seluruhnya merupakan pengalaman yang selalu menyenangkan. Ada hal-hal positif yang kita anggap negatif, meskipun sering diabaikan. Setelah melahirkan, banyak wanita akan membenci tampilan barunya: Peningkatan berat badan yang luar biasa; stretch mark yang tidak beraturan, dan lainnya. Oleh karena itu, penurunan berat badan biasanya menjadi prioritas utama seorang wanita, terutama yang baru saja melahirkan bayi pertamanya. Dengan menjalankan program diet, semua kelebihan lemak ini biasanya dapat dibuang. Namun, solusi yang dipilih harus tidak membahayakan kesehatan bayi atau kesehatan pribadi Bunda. Ibu menyusui terutama harus makan dengan baik untuk memastikan bahwa anak-anak mereka dirawat dengan baik dan diberi makan dengan benar. Mendapatkan kembali bentuk badan semula bukan berarti Bunda harus makan makanan yang berbeda. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah makan dengan baik, teratur dan tetap sehat. Asupan karbohidrat harus diatur agar lemak diminimalkan, sehingga bisa terjadi penurunan berat badan. Makanan yang kaya protein, mineral, dan vitamin harus banyak dikonsumsi. Bunda juga  harus sering minum banyak air. Tidak disarankan untuk membiarkan ibu-ibu mengonsumsi suplemen yang diproduksi secara kimia. Bahan kimia yang digunakan dalam suplemen ini dapat berbahaya bagi bayi muda dan dapat mempengaruhi pertumbuhan mereka. Berolahraga seperti berjalan-jalan dan senam aerobik juga akan membantu ibu muda meningkatkan mentalnya, pandangan fisik dan kesehatan, semua pada saat yang bersamaan.     Apa yang Terjadi Dengan Pola Makan/Diet yang Salah? Berat badan yang berlebihan bukan merupakan indikasi dari tubuh yang sehat atau bugar. Tetapi ketika memilih untuk gaya hidup sehat secara keseluruhan, kita harus mempertimbangkan menghindari diet semu dan diet berlebihan (crash diet), karena hal itu benar-benar dapat membahayakan kesehatan kita. Ketika tubuh kita kekurangan makanan untuk waktu lama, tubuh merespon dengan membakar jaringan otot tanpa lemak dan tetap menyimpan lemaknya. Ketika tubuh kekurangan nutrisi untuk waktu yang lama, respon pertama adalah untuk memastikan otak mendapatkan energi yang cukup dan, karena otak membutuhkan pasokan glukosa yang terus menerus, simpanan lemak harus dipertahankan selama mungkin karena itu melalui jalur inilah glukosa pertama kali diperoleh. Membuat diri kita kelaparan tidak akan banyak membantu menurunkan berat badan secara permanen. Hasilnya justru peningkatan berat badan. Ketika tubuh kita kekurangan makanan, tubuh masuk ke mode kelaparan sebagai akibatnya, tidak peduli seberapa sedikit kita makan di kemudian hari, tubuh akan berusaha untuk menyimpan makanan sebagai lemak dalam upaya untuk mempertahankan fungsi organ-organ vital.     Diet Rendah Karbohidrat Tidak bisa dipungkiri, orang Indonesia suka karbohidrat. Banyak yang menganggap jika belum makan nasi, maka belum makan, padahal sebelumnya sudah makan roti-rotian, mie, pasta, oatmeal, dan jenis karbohidrat lainnya. Karbohidrat sendiri adalah salah satu nutrisi yang ditemukan di semua makanan yang berasal dari tumbuhan. Secara kimia, mereka diklasifikasikan menjadi monosakarida, disakarida dan polisakarida. Karbohidrat dapat diklasifikasikan menjadi karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Kita harus tahu bahwa jika kita ingin mengikuti diet rendah karbohidrat, kita harus menghindari karbohidrat sederhana yang berasal dari sirup jagung, gula, gula tebu dan madu. Karbohidrat kompleks seharusnya sehat menurut diet rendah karbohidrat dan diperbolehkan saat mengikuti diet Kacang almond, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang kedelai panggang, Roasted Bengal gram dal, biji rami (flaxseed) panggang, biji bunga matahari panggang, rajma atau kacang merah, daal hijau, paneer atau keju cottage, dahi atau yogurt, chanaa merah, kecambah, susu, kedelai, telur putih, ayam dan ikan adalah makanan utama yang harus dimasukkan dalam diet rendah karbohidrat. Kita juga bisa memasukkan ubi jalar, quinoa, biji-bijian, lentil, kacang polong, beras merah, beras liar, kentang, jagung rebus, bubur gandum, pasta gandum utuh, couscous, roti multi-gandum, roti pita gandum utuh- bagel gandum, tortilla gandum utuh, kale, bayam, brokoli, lada (manis), wortel, kembang kol, kubis, labu musim dingin, raspberi, bluberi, stroberi, semangka, jeruk, mangga, persik, nanas, dan buah ara.     Sebuah studi baru mengatakan diet rendah karbohidrat adalah pilihan terbaik untuk menjaga berat badan dengan meningkatkan jumlah kalori yang terbakar. Para peneliti melihat bahwa orang yang makan lebih banyak salad dan protein tanpa lemak juga memiliki tingkat hormon yang meningkatkan nafsu makan yang lebih rendah. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa ketika kita menurunkan berat badan, kita mulai membakar lebih sedikit kalori karena metabolisme tubuh melambat, yang membuatnya sangat sulit untuk menghilangkan kilogram terakhir dan mempertahankannya untuk selamanya. Untuk penelitian yang dipublikasikan di The BMJ, tim mendaftarkan 234 orang dewasa yang kelebihan berat badan antara usia 18 dan 65 dengan indeks massa tubuh 25 atau lebih tinggi. Para peserta melanjutkan diet penurunan berat badan awal selama 10 minggu. Dari kelompok awal, 164 mencapai target penurunan berat badan, yaitu setidaknya 10% dari berat badan mereka dan pindah ke fase pemeliharaan. Orang dewasa secara acak ditugaskan untuk mengikuti diet karbohidrat tinggi (60%), sedang (40%), atau rendah (20%) selama 20 minggu. Para peneliti menyediakan makanan yang disiapkan sepenuhnya dengan kandungan protein dan lemak yang sama, dan karbohidrat terutama terdiri dari biji-bijian utuh. Tim kemudian menganalisis pengeluaran berat badan dan energi orang dewasa untuk mengukur bagaimana kelompok yang berbeda membakar kalori dengan berat yang sama. Mereka menemukan bahwa, selama periode penelitian, total pengeluaran energi 'secara signifikan lebih besar' pada mereka yang menjalani diet rendah karbohidrat daripada diet tinggi karbohidrat. Peserta diet rendah karbohidrat membakar sekitar 250 kilokalori per hari lebih banyak daripada peserta diet berkarbohidrat tinggi. Para peneliti juga mengukur sekresi insulin pasien, hormon yang mencegah tingkat gula darah menjadi terlalu tinggi, pada awal penelitian. Mereka yang memiliki sekresi insulin tertinggi pada awal penelitian membakar hingga 478 kilokalori per hari lebih pada diet rendah karbohidrat. Tim percaya ini adalah karena teori yang dikenal sebagai model karbohidrat-insulin, yang menunjukkan bahwa karbohidrat yang memiliki muatan glikemik yang tinggi meningkatkan kadar gula darah lebih cepat - meningkatkan rasa lapar dan membuat orang lebih mungkin menambah berat badan. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa kadar ghrelin, hormon yang meningkatkan nafsu makan, secara signifikan lebih rendah pada diet rendah karbohidrat dibandingkan dengan diet tinggi karbohidrat. Studi ini tidak mengukur rasa lapar dan kenyang, tetapi penelitian lain menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat juga mengurangi rasa lapar, yang dapat membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang     Bunda, perlu diingat bahwa komponen terpenting dari penurunan berat badan jangka panjang — dan kesehatan jangka panjang — tetap tidak berubah. Penting untuk menemukan pendekatan yang realistis, berkelanjutan, dan memungkinkan Bunda merasa sehat secara mental dan fisik. Bunda sendiri yang bisa menentukan jenis diet dan pola hidup seperti apa yang mendatangkan manfaat kesehatan bagi Bunda dan keluarga           Sumber: Dailymail Healthy Cooking Source Medical News Today