Constructive Eati
NAOMIITO
ASI
anak
me
hamil
Bayi
Ibu
MPASI

Lemak Tambahan untuk MPASI

Pasti bingung kan, kenapa setiap makanan dalam menu MPASI harus diberi lemak tambahan? Lalu sebenarnya apasih manfaat dari lemak tambahan ini? Apa saja macam lemak tambahan? Lalu Mana yang terbaik? Bagaimana cara menyajikannya? Trus Takarannya seberapa yah?

Siapa nih yang anaknya sudah mulai MPASI?? Pasti bingung kan, kenapa setiap makanan dalam menu MPASI harus diberi lemak tambahan? Lalu sebenarnya apasih manfaat dari lemak tambahan ini? Apa saja macam lemak tambahan?  Lalu Mana yang terbaik?  Bagaimana cara menyajikannya? Trus Takarannya seberapa yah?   Nah sebenarnya pertanyaan pertanyaan tersebut yang mewakili saya di awal MPASI anak saya kemarin. Karena ini juga merupakan hal yang baru dikehidupan saya. Hihi… Lalu beberapa pertanyaan tersebut saya tanyakan langsung ke dokter spesialis anak saya, ternyata lemak tambahan itu banyak banget loh Mom macamnya dan tidak harus pake EVOO atau ELOO saja.    Nah Lemak tambahan ini mempunyai peran penting dalam MPASI Moms, antara lain:   1. Menambah nilai kalori makanan (bahkan bisa untuk membantu boost BB). 2. Sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K. 3. Penambah rasa gurih alami makanan serta untuk membantu melancarkan pencernaan.   Cara menyajikan lemak tambahan ini bisa langsung ditambahkan ke menu MPASInya saat sebelum dihiangkan/ setelah makanan siap atau setelah mpasinya disaring dan bisa juga untuk menumis. Akan tetapi, Cara terbaik menyajikan lemak tambahan adalah dengan tidak melalui proses pemanasan agar tubuh mendapat manfaat lemak baiknya secara optimal. Khusus untuk buah tidak perlu lemak tambahan ya Moms.   Berikut macam-macam lemak tambahan yang dapat kita campurkan pada MPASI bayi kita:   - Minyak Canola - Minyak biji Sunflower - Minyak kelapa sawit (bimoli, filma, sania dll) - Minyak kelapa (barco, ikan dorang, termasuk VCO) - Minyak jagung - Minyak Kedelai - Minyak Zaitun (baik EVOO maupun ELOO, Borges, Bertolli, Filippo, Casa de Oliva dan lain-lain - Mentega (baik unsalted/salted; anchor, orchid, elle vire dan lain lain) - Margarin (blueband,filma,palmboom dan lain lain) - Santan, parutan kelapa diperas dengan air hangat, perasan pertama yang diberikan sebagai lemak tambahan, tidak perlu dimasak. Dari bermacam lemak tambahan tersebut, semuanya baik digunakan. Gunakan  yang mudah dan murah didapat yang biasanya menjadi konsumsi harian rumah tangga Moms masing-masing dan bisa Moms variasikan setiap harinya, missal pagi minyak jagung sorenya minyak kedelai jadi tidak mononton yang itu itu saja. Untuk takarannya biasanya saya menambahkan ½ sampai 1 sdt lemak tambahan per porsi makan. Tetapi jika saya memasaknya dengan cara menumis, saya sudah tidak berikan lagi lemak tambahannya.   Seperti margarin biasanya kan komposisi bahannya terdapat garam, jadi saya maksimal pakai margarin sebagai lemak tambahan hanya 2x selama 1 minggu ini berlaku untuk anak usia dibawah 1 tahun ya Moms. Karena kan untuk anak usia dibawah 1 tahun sebaiknya pemberian garam seminimal mungkin. Semoga bermanfaat ya Moms.