hamil
anak sakit
makanan
menyusui
MPASI

Tips dan Syarat Berpuasa Untuk Ibu Hamil

Puasa adalah kewajiban semua penganut agama Islam, pastinya ibu hamil penganut agama Islam juga ingin ikut menunaikan ibadah puasa ini. Tapi apakah setiap ibu hamil boleh berpuasa, apakah ada syarat-syarat dan tips tertentu untuk ibu hamil supaya bisa ikutan menunaikan ibadah puasa?

Puasa adalah kewajiban semua penganut agama Islam, pastinya ibu hamil penganut agama Islam juga ingin ikut menunaikan ibadah puasa ini. Tapi apakah setiap ibu hamil boleh berpuasa, apakah ada syarat-syarat dan tips tertentu untuk ibu hamil supaya bisa ikutan menunaikan ibadah puasa? Syarat ibu hamil berpuasa Ibu hamil boleh berpuasa asalkan tetap memenuhi beberapa ketentuan dibawah, ketentuan ini juga ditetapkan supaya kondisi janin dalam perut tetap tumbuh sehat 1. Penuhi kebutuhan asupan nutrisi sebesar 2500 kilo kalori per hari - 50% karbohidrat - 30% protein hewani dan nabati seperti ikan, telur, daging, susu, tahu dan tempe - 20% yang dalam bentuk lemak seperti kacang-kacangan. 2. Penuhi kebutuhan vitamin: asam folat, kalsium dan zat besi Disarankan Bumil mengkonsumsi suplement yang mengandung 3 vitamin diatas, kenapa? Karena vitamin yang didapatkan dari makanan saja dinilai tidak mencukupi, bumil bisa meminum suplemen vitamin itu sebelum tidur. Tentunya sebelum meminum, konsultasi ke dokter kandungan dulu yah, Bun. 3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh Bumil harus tetap minum 1.8 L - 2 L air putih tiap harinya.  >> Produksi ASI tetap melimpah di bulan puasa dengan jus kurma Tips ibu hamil berpuasa   1. Hindari menu makanan yang terlalu manis dan yang dingin saat sahur.  2. Ketika sahur, pilih makanan yang mengandung protein dan lemak dalam jumlah cukup.  Kedua jenis zat gizi ini dapat bertahan lebih lama di pencernaan sehingga memperlambat rasa lapar di siang hari. 3. Sebaiknya ibu hamil banyak mengkonsumsi daging. Daging adalah makanan yang mengandung kalori dan protein sangat tinggi yang bisa disimpan tubuh dalam waktu cukup lama. 4. Makan makanan yang kaya vitamin C dan mineral seng (zinc) untuk menjaga vitalitas tubuh. 5. Berbuka puasa dengan sesuatu yang manis dan hangat. 6. Kurma adalah pilihan bagus untuk buka puasa (makanan pertama yang Bunda makan setelah puasa). 7. Minumlah segelas susu hangat saat sahur dan saat buka puasa. 8. Cukup istirahat. Bila memungkinkan sediakan lebih dari porsi istirahat sebelumnya. 9. Kurangi porsi aktivitas yang membutuhkan energi ekstra, misalnya aktivitas di lapangan atau pikiran yang berat-berat. 10. Sedapat mungkin hindari stres dan buang jauh kebiasaan/dorongan untuk marah. Tapi, demi kesehatan janin dan demi keamanan Bunda sendiri, Bunda dengan kencing manis, darah tinggi, yang pernah mengalami pendarahan, dehidrasi, gangguan sistem pencernaan tidak disarankan untuk puasa.  Dan segera batalkan puasa bila Bunda diare, perut mulas dan melilit, mimisan, lemas, pusing diikuti dengan mata yang berkunang-kunang, keluar keringat berlebih khususnya keringat dingin. MamiBuy mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa!! >> Manfaat kurma untuk Busui dan Bumil