Constructive Eati
NAOMIITO
ASI
anak
me
hamil
Bayi
Ibu
MPASI

Cara Mengatasi Stress Saat Hamil

Stres merupakan suatu istilah yang mengacu pada gabungan tekanan fisik, mental, serta emosional yang terjadi pada seseorang. Lalu, bagaimana jika stres dialami oleh ibu hamil? Stres pada ibu hamil tak hanya memengaruhi fisik dan psikologis si ibu tapi juga janin yang di kandung.

Stres merupakan suatu istilah yang mengacu pada gabungan tekanan fisik, mental, serta emosional yang terjadi pada seseorang. Stres bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, bisa stres karena jalanan macet, pekerjaan, pasangan atau lainnya. Lalu, bagaimana jika stres dialami oleh ibu hamil? Stres pada ibu hamil tak hanya memengaruhi fisik dan psikologis si ibu tapi juga janin yang di kandung.   Sebuah penelitian mengatakan, stres pada ibu hamil dapat mengakibatkan kelahiran prematur dan membahayakan janin. Hal tersebut dikarenakan hormon stres, kortisol, akan melewati plasenta sehingga memengaruhi perkembangan emosional bayi di dalam kandungan.   Berikut beberapa cara untuk mengatasi stres dalam kehamilan   1. Istirahat dan fokus pada kandungan Anda   Beristirahat dan santai sejenak dapat menghilangkan stres saat kehamilan. Anda bisa meluangkan waktu berlibur atau jalan-jalan untuk memperbaiki suasana hati. Selain itu, Anda bisa mengajak calon bayi berbicara tentang banyak hal yang menyenangkan. Hal tersebut dapat menambah keintiman Anda dengan bayi saat lahir nanti.   2. Berbicara tentang hal yang membuat Anda stres   Membicarakan atau mencari jalan keluar tentang masalah yang membuat Anda stres adalah cara terbaik untuk membuat keadaan seperti semula. Anda bisa berbicara atau curhat dengan suami atau teman dekat mengenai masalah tersebut. Berbagi bisa membuat perasaan Anda jauh lebih baik. Selain itu, mungkin mereka bisa membantu Anda mencarikan jalan keluar.   3. Makan makanan yang bergizi   Mengonsumsi makanan yang bergizi sangat disarankan untuk Anda yang sedang hamil. Pasalnya, apa yang Anda konsumsi akan dikonsumsi pula oleh janin. Nah, mengonsumsi asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral sangat penting karena dapat meningkatkan suasana hati dan membantu mengurangi depresi. Asam lemak omega-3 bisa Anda temui pada ikan  salmon ataupun ikan tuna. Jangan lupa untuk minum air putih minimal 1,5 liter/hari untuk menghindari dehidrasi.   4. Olahraga   Olaraga atau latihan fisik dapat meningkatkan mood Anda. Senam hamil atau olahraga ringan selama kehamilan sangat disarankan untuk membuat berat badan tetap stabil, ataupun tidak naik terlalu banyak. Anda bisa mencoba berenang, yoga, berjalan-jalan, ataupun senam kehamilan. Hal tersebut dapat mengontrol kecemasan Anda, berlatih bernapas, dan relaksasi.   5. Mempersiapkan persalinan   Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stres saat kehamilan adalah dengan mempersiapkan kelahiran si kecil. Mulai dari mempersiapkan pakaian dan peralatan si kecil, memilih nama, memilih rumah sakit tempat Anda melahirkan, ataupun hal lain yang dapat membuat Anda senang.   6. Perlakukan diri Anda dengan baik   Tertawa adalah cara yang terbaik untuk menghilangkan stres. Anda bisa menonton film kartun atau komedi yang bisa membuat Anda tertawa. Buatlah diri Anda bahagia dengan menjalani beberapa kegiatan yang menyenangkan, misalnya saja pergi kesalon kecantikan atau berbelanja.   Sumber: meetdoctor.com