Constructive Eati
NAOMIITO
ASI
anak
me
hamil
Bayi
Ibu
MPASI

9 Makanan untuk Mengatasi Mual

Inilah beberapa jenis makanan yang dapat Anda jadikan sebagai ‘obat’ untuk mengatasi mual saat hamil

Mual saat hamil adalah hal lumrah dan seringkali dialami pada trimester pertama. Namun, ada pula bumil yang mengalaminya hingga 9 bulan lamanya. Bila demikian, cobalah 9 makanan berikut, yang dapat mengurangi rasa mual saat hamil. Inilah beberapa jenis makanan yang dapat Anda jadikan sebagai ‘obat’ untuk mengatasi mual saat hamil.     1. Daging berwarna putih (white meat)   Daging berwarna merah (dark meat) lebih cenderung mengakibatkan rasa mual saat hamil. Makanlah daging ayam bagian dada tanpa kulit yang mengandung lebih sedikit lemak, atau pilihlah ikan sebagai menu makan siang Anda.     2. Sayur mayur   Sayur mayur mengandung sangat sedikit lemak sehingga bisa mencegah mual saat hamil. Tapi hindari tomat dan bawang putih karena bisa memancing rasa mual. Sayur juga harus dimasak sebelum dikonsumsi.     3. Nasi   Nasi adalah penetralisir yang tepat untuk atasi mual saat hamil. Nasi hangat plus kare ayam adalah menu yang tepat untuk membangkitkan selera makan.   Tapi jika Anda tetap merasa sulit memakan nasi, cobalah nasi merah (nasi dari beras merah).     4. Oatmeal   Oatmeal bukan hanya baik untuk Anda dan bayi, tapi juga dapat menetralisir asam dalam perut Anda. Anda dapat mengkonsumsi oatmeal di jam sarapan, atau sebagai cemilan di malam hari.     5. Jahe   Jahe adalah sahabat sejati para ibu hamil. Selain dapat meredakan rasa mual di pagi hari, jahe juga baik untuk mengatasi mulas saat hamil. Tambahkan jahe dalam makanan, atau campurkan dalam teh atau susu Anda.     6. Lidah buaya   Lidah buaya bukan hanya baik untuk pencernaan, tapi juga mengatasi mual saat hamil. Campurkan lidah buaya dalam segelas air dan nikmatilah rasanya yang menyejukkan.     7. Semangka   Inilah pengusir mual saat hamil yang pasti Anda suka! Anda juga bisa mengkonsumsi buah lain yang masih sebangsa dengannya, yaitu melon.   8. Pisang   Pisang mengandung sedikit pH basa yang membuatnya cocok sebagai buah untuk melawan mual saat hamil. Tapi sekitar 1% pisang mengandung asam sehingga mual Anda kemungkinan akan malah menjadi-jadi.   Makanlah pisang dalam porsi kecil dulu untuk menguji apakah Anda 'cocok' dengannya.   9. Seledri   Seledri sering digunakan sebagai bumbu pelengkap sayur sup atau campuran kuah bakso. Jika Anda mengalami mual saat hamil, tambahkan saja seledri banyak-banyak dalam sayur sup. Di samping itu, seledri baik untuk pencernaan.   Sumber: Theasianparents