Home » Rumah » PLTS Atap: Solusi Listrik Terbarukan yang Ramah Kantong

PLTS Atap: Solusi Listrik Terbarukan yang Ramah Kantong

Dalam era kemajuan teknologi dan perkembangan industri, kebutuhan akan energi listrik semakin meningkat. Namun, penggunaan energi fosil yang terbatas dan polusi yang dihasilkan menjadikan pengembangan energi terbarukan semakin diutamakan. Salah satu opsi yang dapat dicoba adalah PLTS atap, sebuah sistem energi listrik terbarukan yang dapat dipasang di atas atap rumah atau bangunan lainnya. Artikel ini akan menjelaskan secara detail keuntungan dan cara kerja dari PLTS atap, serta mengapa menjadi solusi listrik terbarukan yang ramah kantong.

Apa itu PLTS atap?

PLTS atap atau Photovoltaic (PV) Atap adalah sistem energi listrik terbarukan yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Cara kerjanya adalah dengan memasang panel surya pada atap rumah atau bangunan, di mana panel akan menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Energi listrik tersebut dapat digunakan langsung untuk kebutuhan rumah tangga atau dapat disimpan pada baterai untuk digunakan pada malam hari atau saat cuaca buruk.

Keuntungan PLTS atap

Pemasangan PLTS atap memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

1. Menghemat biaya listrik

PLTS atap menghasilkan energi listrik secara terus-menerus tanpa memerlukan biaya tambahan dari sumber energi lainnya. Dengan mengandalkan energi matahari, biaya listrik menjadi lebih murah dalam jangka panjang.

2. Ramah lingkungan

PLTS atap tidak menghasilkan polusi apapun, sehingga tidak merusak lingkungan dan membantu menjaga kelestarian alam.

3. Meningkatkan nilai properti

Pemasangan PLTS atap dapat meningkatkan nilai properti rumah atau bangunan karena dapat meningkatkan efisiensi energi dan memberikan manfaat finansial jangka panjang.

4. Mudah dipasang dan dipelihara

PLTS atap mudah dipasang pada atap rumah atau bangunan dan butuh perawatan yang minim, sehingga tidak memerlukan biaya berlebihan untuk perawatan.

Bagaimana cara kerja PLTS atap?

PLTS atap terdiri dari beberapa komponen, yakni panel surya, inverter, dan baterai. Panel surya terdiri dari beberapa sel fotovoltaik yang akan menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Inverter berfungsi untuk mengubah energi listrik searah menjadi energi listrik bolak-balik, sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Baterai berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya, sehingga dapat digunakan pada malam hari atau saat cuaca buruk.

Opsi PLTS atap

Opsi PLTS atap tersedia tanpa adanya DP atau memiliki DP rendah. Sehingga memudahkan pihak yang ingin mencoba atau menggunakannya. Jika Anda memiliki biaya lebih, bisa juga memilih pembayaran penuh untuk membeli perangkat secara utuh. Dibantu dengan garansi panjang dan support lengkap serta kekinian, Anda pun bisa merasakan keuntungannya secara langsung.

Kesimpulan

Dapat diambil garis besar, bahwa penggunaan solar panel untuk kebutuhan listrik terbarukan menjadi salah satu solusi keuangan dan kebutuhan listrik terbaik. Terutama dalam segi keuangan. Selain berhemat, Anda pun dapat memasang PLTS sesuai opsi dan kemampuan.

Opsi PLTS atap tersebut tersedia tanpa adanya DP atau memiliki DP rendah. Sehingga memudahkan pihak yang ingin mencoba atau menggunakannya. Jika Anda memiliki biaya lebih, bisa juga memilih pembayaran penuh untuk membeli perangkat secara utuh. Dibantu dengan garansi panjang dan support lengkap serta kekinian, Anda pun bisa merasakan keuntungannya secara langsung. Dapat diambil garis besar, bahwa penggunaan solar panel untuk kebutuhan listrik terbarukan menjadi salah satu solusi keuangan dan kebutuhan listrik terbaik. Terutama dalam segi keuangan. Selain berhemat, Anda pun dapat memasang PLTS sesuai opsi dan kemampuan. Sehingga lebih ramah kantong. Jika Anda tertarik, jangan lewatkan DP 0% dari SUN Energy. Cek sekarang!

Leave a Comment