Home » Bisnis » Pentingnya Memahami Digital Marketing

Pentingnya Memahami Digital Marketing

Di zaman sekarang untuk bisa mendapatkan pekerjaan lebih sulit dibanding dulu. Oleh karena jumlah orang yang mencarinya lebih banyak sedangkan lowongan pekerjaannya semakin sedikit. Untuk bisa menang maka perlu memiliki keahlian lain sebagai poin tambahan. Salah satunya digital marketing.

Digital marketing juga bisa dijadikan peluang untuk membuat bisnis sendiri secara online. Anda bisa mengunjungi Garuda website yang memiliki jasa Garuda backlink untuk membantu Anda meningkatkan penjualan bisnis online.

Kenapa harus mempelajari digital marketing? Mari pahami lebih dalam tentang hal ini.

Tujuan Digital Marketing

Secara sederhana digital marketing merupakan aktivitas yang menggunakan teknologi. Salah satu pemanfaatannya adalah di sosial media. Akan tetapi memahami hal ini tidak hanya harus paham tentang media digital atau sosial media.

Digital marketing sangat penting di abad ke-21 ini supaya bisa memberikan jangkauan produk secara lebih luas. Oleh karena saat ini generasi di Indonesia sudah lebih banyak yang milenial maka pemasaran di televisi sudah tidak efektif.

Jika Anda masih awam dalam dunia teknologi, memahami digital marketing adalah pilihan yang tepat. Oleh karena tidak sulit untuk bisa dipelajari. Bahkan semua ilmunya bisa Anda dapatkan secara gratis lewat internet.

Tujuan utama dari digital marketing adalah pemasaran. Selain itu juga bisa untuk mendapatkan customer secara lebih luas tapi modalnya sedikit.Tentu jika digunakan untuk bisnis, hal ini adalah cara yang efisien sekali. Oleh karena itu sekarang banyak perusahaan yang mencari orang dengan keahlian ini. Dengan tujuan membuat produk atau perusahaan mereka menjadi lebih luas exposure-nya.

Agar digital marketing lebih dipahami Anda juga harus mempelajari analisis statistika. Dengan digital marketing nantinya akan diketahui data yang akurat. Setelah itu akan dianalisa supaya didapatkan kesimpulan mengenai penjualan.

Misalnya saja dengan digital marketing, Anda bisa tahu mengenai respon customer terhadap barang atau jasa yang perusahaan tawarkan. Perusahaan bisa tahu jawabannya lewat analisa data. Hasil akhir bisa diketahui dari sejarah konsumen dan penjualan.

Contoh alat untuk menganalisa data yang dapat digunakan adalah search console maupun Instagram insight.

Konsep dari Digital Marketing

Digital marketing memiliki konsep yang dapat membuat customer tertarik dengan produk yang ditawarkan. Konsep pertama adalah visual. Visual atau penampilan adalah yang pertama kali dilihat oleh orang. Bukan hanya kepada orang tapi juga produk.

Jika dari tampilannya saja tidak menarik maka akan sulit untuk menjangkau costumer tersebut. Oleh karena bentuk produk menjadi salah satu daya tarik utama ketika Anda menjual produk.

Kemudian juga terdapat hal seperti browsing dan searching. Jika Anda sering berselancar di mesin pencari seperti Google pasti selalu melihat ada link yang dimuat paling awal. Sebuah halaman website bisa ada pada urutan pertama search engine itu karena menggunakan strategi SEO, kepanjangannya Search Engine Optimization.

SEO berguna dalam hal meningkatkan website untuk ada di halaman awal Google. Dengan begitu, website Anda memiliki kesempatan lebih banyak untuk dikunjungi dibandingkan website lain di peringkat bawah.

Hal kedua adalah advertisement atau iklan. Iklan bisa dijalankan pada media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Kebanyakan, perusahaan yang memiliki website juga memiliki channel khusus di sosial media. Mereka akan membayar sejumlah dana untuk menayangkan iklan yang berguna untuk menarik calon customer. Agar iklan yang tampil efektif juga diperlukan keahlian.

Jika keahlian digital marketing awal sudah Anda ketahui dan pahami maka selanjutnya bisa juga mempelajari tentang dunia advertising ini untuk lebih meningkatkan skill.

Jika Anda belum mendapatkan pekerjaan setidaknya bisa melakukan hal yang dapat menghasilkan keuntungan pribadi. Tentunya dengan belajar skill tambahan seperti ini.

Leave a Comment