Home » Ragam » Pengertian dan Kegiatan Fundraiser Adalah

Pengertian dan Kegiatan Fundraiser Adalah

Fundraising mudah ditemui sebagai langkah untuk mengumpulkan dana dengan cepat. Kegiatan tersebut dilakukan oleh fundraiser yang berupa lembaga, individu, maupun dari pemerintah tergantung dari tujuan yang dipunyai. Fundraiser adalah seperti yang telah disebutkan merupakan pihak yang mengadakan kegiatan penggalangan dana, sedangkan fundraising merupakan kegiatan penggalangan dan yang dilakukan. Dua kata tersebut perlu diperhatikan agar bisa mengetahui makna dan fungsinya masing-masing.

Kegiatan penggalangan dana tersebut bisa menghimpun tidak hanya dana saja, tetapi juga barang-barang dan berbagai lainnya sesuai dengan kebutuhan. Fundraising tersebut bisa digunakan untuk penggalangan dana untuk memberikan sumbangan bagi bencana alam, bantuan kemanusiaan, bantuan bagi anak, bantuan korban perang atau konflik, dan masih banyak jenis lainnya tergantung dari tujuannya.

Untuk fundraiser sendiri bisa melakukan kegiatan penggalangan dana tersebut dengan beberapa metode yang bisa digunakan. Seperti tugas fundraiser adalah dapat menggunakan metode berikut ini:

  • Pertama bisa dengan melakukan acara yang bertujuan untuk menggalang atau mengumpulkan dana untuk tujuan tertentu. Sehingga tamu undangan yang datang akan menyerahkan sumbangan yang kemudian diserahkan sesuai tujuannya. Metode ini sering digunakan oleh organisasi nonprofit untuk menggalang dana dengan mengadakan acara.
  • Metode selanjutnya yang bisa digunakan adalah menjadi sukarelawan baik offline maupun online. Untuk sukarelawan online bisa untuk mengajak orang lain berpartisipasi dengan kegiatan yang diadakan untuk kegiatan amal tersebut.
  • Bisa untuk menggalang dana yang dilakukan lewat moment khusus seperti ulang tahun.
  • Bisa untuk menggalang dana dengan menggunakan charity box sehingga bisa mengumpulkan dana.
  • Bisa untuk mengumpulkan dana lewat kampanye yang dilakukan lewat media sosial dan web.

Sekarang ini fundraising bisa ditemukan dengan mudah terutama secara online, sehingga memudahkan bagi Anda yang ingin menyumbangkan dana. Pilih fundraiser yang aman dan tempat yang terpercaya apabila ingin menyumbangkan dana secara online. Seperti bisa untuk memberikan donasi lewat Wahana Visi Indonesia yang membuka program donasi online untuk beberapa kepentingan utamanya bagi anak-anak dan masyarakat yang membutuhkan di Indonesia bagian Timur, Selatan, dan Tengah. Berdonasi dengan aman bisa dilakukan dengan mudah lewat Wahana Visi Indonesia secara online.

Leave a Comment