Home » Ragam » Mengenal Donasi Artinya dan Jenisnya

Mengenal Donasi Artinya dan Jenisnya

Ketika ingin berbuat baik, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan sumbangan atau donasi yang Anda ketahui. Donasi artinya diambil dari bahasa Inggris yaitu donation dan juga bahasa latin Donum. Di Indonesia sendiri, ada kata derma atau sumbangan yang juga mempunyai arti sama yaitu donasi. Untuk pengertian donasi adalah pemberian yang dilakukan baik oleh individu atau badan tertentu pada pihak tertentu yang dilakukan dengan sukarela tidak mengharapkan pamrih.

Untuk jenis donasi yang bisa dilakukan membantu pihak lain tersebut adalah:

  • Pertama adalah donasi untuk bisa mengentaskan kemiskinan. Sehingga jenis ini akan memberikan sumbangan bagi fakir miskin atau yatim piatu yang membutuhkan bantuan dari para donatur.
  • Donasi selanjutnya adalah jenis yang digunakan untuk penanggulangan bencana. Jenis ini dilakukan ketika ada bencana di waktu tertentu, sehingga banyak orang yang ingin berdonasi dan bisa dilakukan dari badan aman yang membuka donasi untuk hal tersebut.
  • Donasi untuk infrastruktur umum seperti umum pembangunan rumah ibadah, pos ronda, dan lainnya.
  • Donasi untuk fasilitas pendidikan untuk yayasan dan membangun sekolah.
  • Donasi kegiatan sosial seperti membuka taman baca umum dan jenis lainnya.
  • Donasi untuk penelitian IPTEK untuk mendapatkan penemuan yang bermanfaat.
  • Donasi untuk membantu pelestarian alam.

Mengumpulkan donasi tersebut mempunyai banyak cara dan metode yang bisa dilakukan. Seperti metode yang terbaru dan bisa dipilih adalah dengan donasi secara online. Anda bisa melakukan donasi dari web donasi yang memberikan kesempatan untuk berdonasi sesuai kemampuan dan jenis atau tujuan tertentu. Salah satu website aman yang bisa dipilih untuk melakukan donasi online tersebut adalah di Wahana Visi Indonesia.

Organisasi tersebut memberikan kesempatan banyak orang untuk melakukan donasi yang bisa digunakan untuk banyak hal. Mulai dari membangun Safe House sebagai tempat tinggal korban kekerasan, memastikan anak mempunyai gizi yang cukup, menghapus buta literasi bagi anak, dan masih banyak lainnya. Kunjungi website Wahana Visi Indonesia yang memberikan kesempatan untuk berbuat baik pada anak-anak di berbagai daerah dengan memberikan donasi atau menjadi sponsor mulai dari 200 ribu per bulannya.

Leave a Comment