Home » Ragam » Manfaat Air Purifier dan Cara Memilihnya

Manfaat Air Purifier dan Cara Memilihnya

Selama masa pandemi, masyarakat sangat dianjurkan untuk tetap tinggal di rumah dan tidak bepergian bila tidak ada hal yang mendesak. Selain itu, pemerintah juga menganjurkan Kita untuk memperhatikan pola hidup sehat serta lingkungan, termasuk menjaga sirkulasi udara mengingat virus Covid-19 ini bersifat airborne. Masalahnya, tak semua orang tinggal di lingkungan dengan ventilasi udara yang bagus. Untuk itu, pemerintah juga menganjurkan masyarakat untuk menggunakan alat pembersih udara, seperti air purifier. Apa sih manfaat air purifier ini? Yuk cek!

Membasmi Polutan Yang Ada Di Dalam Ruangan

Tahukah Anda, polutan di dalam ruangan jauh lebih berbahaya karena udara kotor terperangkap di dalam sana. Parahnya lagi, banyak udara yang tak kasat mata namun berbahaya. Bila ini dibiarkan, ini akan sangat ganggu kesehatan pernapasan keluarga.

Air purifier dilengkapi dengan teknologi HEPA (High Efficiency Particulate Air) yang mampu menyerap partikel paling kecil dengan akurasi 99,7% di dalam ruangan. Terserapnya partikel berbahaya ini membuat udara jadi lebih segar dan bebas bau tak sedap.

Mampu Meredakan Gejala Asma

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau CDC, sebanyak 1 dari 12 orang Amerika menderita asma. Penderita asma ini memiliki saluran bronkial yang mudah sekali meradang akibat dipicu oleh beberapa hal seperti serbuk sari, hewan peliharaan, tungau debu, dan lainnya yang mengiritasi saluran pernapasan.

Nah, hal ini akan lebih parah bila Anda memelihara hewan peliharaan. Saat hewan ini menggaruk badan, partikel bulu rambut yang sangat kecil terus bersirkulasi di udara sehingga memicu asma kambuh.

Selain bulu hewan, partikel serbuk sari juga bisa bersirkulasi di dalam ruangan saat udara masuk dari luar. Berbagai alergen seperti tungau juga akan berkembang di lingkungan lembab.

Saat ruangan rumah jarang mendapatkan sirkulasi udara segar, ruangan akan mudah lembab, dan tunga bisa berkembang lebih cepat. Nah, dari sini mereka berkembang biak dengan memakan sel kulit mati dan bersembunyi di dalam karpet, furnitur dan juga tempat tidur.

Untuk mengatasi hal ini, sebagian dari Anda mungkin memilih untuk menggunakan vacuum cleaner. Sayangnya hal ini tidak menyelesaikan masalah 100%. Partikel debu dan alergen akan berterbangan di udara dan ujung-ujungnya hal ini akan memancing reaksi alergi dan asma.

Karena itu, penggunaan air purifier akan menyelesaikan pekerjaan yang tersisa dengan menggunakan filter HEPA untuk menyerap semua partikel kecil sehingga udara jauh terasa lebih bersih dan segar.

Kelebihan dari filter ini yaitu terbuat dengan beberapa lapis sehingga sangat ampuh menyerap benang fiber glass yang begitu halus, helai rambut, bulu, dsb. Bahkan yang lebih keren adalah kemampuannya menyerap virus Covid-19 dan juga jamur. Alat ini sangat efisien untuk membebaskan ruangan dari polutan.

Mampu Menghilangkan Aroma Bahan Kimia

Bahan kimia di udara kerap sulit terdeteksi karena tidak berwarna dan bahkan tak berbau. Terlebih-lebih kalau Anda menutup ruangan. Polutan akan tetap bersirkulasi.

Nah, salah satu polutan yang berbahaya adalah nitrogen dioksida dan juga karbon monoksida yang biasanya aa di dalam kendaraan bermotor. Gas ini secara tak sengaja pasti masuk ke dalam ruangan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Library of Medicine, paparan pada nitrogen dioksida dan karbon monoksida bisa meningkatkan resiko alzheimer dan demensia. Gas ini masih bisa masuk ke dalam ruangan Anda biarpun tidak tinggal di area yang berpolutan tinggi. Salah satunya adalah ketika Anda menggunakan zat seperti amonia, ftalat, dan klorin. Meskipun jumlahnya kecil, tapi apa bila ini terjadi secara kontinyu, hal ini bisa meningkatkan resiko kanker, tumor, neurologis dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Nah, karena itu, penggunaan air purifier ini jadi sangat penting karena zat berbahaya ini nanti akan tersaring dan terjebak di dalam filter karbon.

Menghilangkan Bau Tak Sedap

Bahan kimia berbahaya lainnya yang kemungkinan masuk ruah adalah formaldehida, benzena dan bensin. Saat zat ini terurai pada suhu kamar, maka bau tak sedap akan dikeluarkan. Nah, bahan kimia inilah yang dinamakan dengan VOC(Senyawa Organik Volatil). Zat ini juga ada di dalam semprotan aerosol, cat, furniture yang dilapisi kain hingga penyegar udara sekalipun. Bila bau ini tetap berada di dalam ruangan, bau tersebut bisa menyebabkan mual, sesak nafas, sampai fungsi kognitif juga terganggu.

Dalam sebuah studi yang diselenggarakan oleh Institute of Health (NIH) tingkat VOC mempengaruhi produktivitas kerja seseorang. Jadi air purifier ini sudah bukan lagi keraguan bagi para pemilik rumah agar segera membelinya. Pasalnya hal ini tidak menaikkan kinerja seseorang saja, tapi juga kualitas tidur.

Saat seseorang menderita alergi dan saluran pernapasan lainnya, malam menjadi waktu-waktu yang paling rentan karena gejala sesak napas dan lainnya muncul. Air purifier akan menjadi salah satu solusi yang tepat.

Bagaimana Cara Memilih Air Purifier Yang Tepat?

Perhatikan Luas Ruangan

Luas ruangan menentukan tipe air purifier yang Anda pilih. Kalau Anda memiliki desain rumah minimalis dengan luas terbatas, memilih alat pembersih udara yang ukuran standard dengan desain klasik. Jenis ini sangat pas untuk ruangan kecil. Anda cukup menutup seluruh ruangan saat sedang menjalankan alat ini.

Untuk area yang besar dan dihuni banyak orang, pertimbangkan untuk membeli produk dengan volume udara yang besar. Hal ini penting supaya sirkulasi udara terjadi lebih cepat. Meski demikian, semakin besar/cepat volume udara berganti, maka semakin besar dayanya. Jadi, Anda harus bijak pada luas dan kapan penggunaan jenis air purifier model ini.

Sensor Khusus

Sekarang banyak sekali air purifier yang dilengkapi dengan sensor khusus seperti sensor debu, sensor bau, dsb. Bahkan ada air purifier yang didesain untuk menyaring udara agar laju virus seperti virus Covid-19 bisa ditekan.

Anda bisa memilih koleksi produk Drew Care yang dilengkapi dengan berbagai fitur dengan desain yang unik, cocok dibawa kemana saja. Anda bisa menyesuaikan jenis alat pembersih udara ini sesuka hati, sesuai budget yang dimiliki. Fitur-fitur-nya juga sudah lengkap sehingga tak perlu khawatir lagi dengan ancaman virus yang bersifat airborne, jamur dan juga bakteri di udara.

Drew Pure 5 Air Purifier merupakan salah satu produk unggulan yang bisa dioperasikan hanya dengan satu “tap”. Alat pembersih udara ini dilengkapi dengan fitur otomatis. Jadi alat akan bekerja sesuai dengan kondisi udara dalam ruangan tersebut. Serunya lagi, Drew Care akan bekerja dengan modus silent di malam hari sehingga tidur jadi lebih tenang.

Untuk Anda yang tinggal di area perkotaan atau daerah dengan tingkat polusi yang tinggi, alat ini jadi kebutuhan wajib agar kesehatan pernapasan selalu terjaga. Begitu juga buat Anda yang menderita alergi, memiliki alat ini bisa membersihkan berbagai allergen yang ada di dalam ruangan.

Leave a Comment