Home » Ragam » Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dibandingkan Energi Konvensional

Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dibandingkan Energi Konvensional

Sebelum beralih ke energi alternatif seperti matahari, ketahui kelebihan dan kekurangan pembangkit listrik tenaga surya lebih dulu. Saat Anda ingin menggunakan atau membeli sesuatu tanpa mengetahui kelebihan dan kekurangannya lebih dahulu diibaratkan membeli kucing di dalam karung yang berujung pada kekecewaan dan ketidakpuasan.

Pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS sendiri merupakan energi alternatif yang banyak dijadikan sebagai pilihan. Indonesia negara tropis membuat sinar matahari melimpah dan banyak dimanfaatkan untuk solar panel. Energi matahari tersebut akan diubah menjadi energi listrik yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan pembangkit listrik tenaga surya tersebut? Ayo simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

Kelebihan

  1. Cocok untuk Indonesia

Kelebihan dan kekurangan pembangkit listrik tenaga surya bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa terpisahkan. Jika ada kelebihan pasti ada kekurangan yang menyertai. Nah, kali ini kita akan membahas kelebihannya lebih dahulu. Kelebihan yang pertama cocok untuk negara Indonesia. Sesuai dengan namanya, PLTS membutuhkan sinar matahari untuk diubah menjadi energi listrik dan Indonesia memiliki cahaya matahari yang melimpah.

  1. Hemat Energi Listrik

Kelebihan selanjutnya adalah lebih hemat energi listrik. Karena semakin banyak dibutuhkan tagihan listrik diprediksi akan semakin membengkak dan meningkat. Tagihan listrik yang meningkat tanpa dibarengi dengan peningkatan pendapatan tentu akan membuat pusing dan sakit kepala. Salah satu solusi terbaik adalah menggunakan energi surya ini.

Mengapa jauh lebih hemat? Alasannya karena kebutuhan listrik yang dibebankan pada listrik konvensional akan dialihkan ke energi tenaga surya. Hal tersebut juga membuat tagihan listrik berkurang. Bahkan pengguna PLTS ada yang bisa menghemat listrik sampai 30% lho, menarik sekali kan?

  1. Tidak Ketergantungan

Kelebihan selanjutnya tidak membuat ketergantungan. Selama ini masyarakat banyak yang menggantungkan listriknya pada listrik konvensional. Dengan menggunakan PLTS akan membuat Anda tidak tergantung dengan listrik konvensional.

  1. Tidak Mencemari Lingkungan

Tentunya Anda sudah tahu jika bumi terasa semakin panas. Efek global warming lah yang membuat suhu bumi semakin panas. Ketergantungan terhadap listrik konvensional akan membuat bumi semakin panas dan membuat pencemaran lingkungan. Hal itu karena listrik konvensional menggunakan bahan bakar batu bara.

Proses pembakaran akan mencemari lingkungan dan membuat bumi semakin panas. Berbeda dengan PLTS, tidak ada pembakaran apapun yang berefek pada pencemaran lingkungan. PLTS aman digunakan jangka panjang karena tidak membawa pengaruh buruk terhadap bumi.

  1. Berasal dari Sumber Daya yang Tidak Cepat Habis

PLTS berbeda dengan listrik konvensional. Energi surya berasal dari sumber daya yang tidak cepat habis. Berbeda dengan listrik konvensional yang menggunakan sumber daya batu bara yang cepat habis dan tidak bisa diperbarui. Kelangkaan batu bara bisa saja terjadi saat kebutuhan listrik konvensional kian membengkak ke depannya.

Sinar matahari juga termasuk sumber energi terbarukan. Kita tidak akan kehabisan energi matahari karena bisa mengaksesnya selama matahari tersebut ada. Menurut ilmuwan, matahari akan tersedia selama 5 miliar tahun lamanya dan kita bisa memanfaatkannya selama itu.

  1. Untuk Beragam Aplikasi

Energi matahari bisa Anda gunakan untuk berbagai tujuan. Anda bisa menghasilkan listrik maupun panas matahari. Energi matahari juga bisa digunakan untuk menghasilkan listrik di daerah yang tidak memiliki akses ke jaringan energi, menyuling air dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Biaya Perawatan Rendah

PLTS biaya perawatannya rendah, Anda hanya perlu menjaganya agar tetap bersih dengan membersihkan beberapa kali dalam setahun. Jika tidak dibersihkan PLTS Anda tidak bisa berfungsi dengan baik. Tidak hanya itu saja, PLTS juga akan berumur pendek dari seharusnya. Nah, jika ragu bagaimana cara merawatnya jangan sungkan untuk menggunakan jasa layanan perawatan PLTS.

Kekurangan PLTS

Apa saja kekurangan PLTS? Simak yuk!

  1. Membutuhkan Banyak Ruang

Semakin banyak listrik yang ingin dihasilkan maka semakin banyak panel dan sel surya yang Anda butuhkan. Anda juga harus menempatkan panel tersebut di tempat yang memiliki akses terhadap sinar matahari.

  1. Emisi Gas Rumah Kaca

Memang PLTS tidak akan menyebabkan polusi, namun sering dikaitkan dengan emisi gas rumah kaca. Selain itu, ada beberapa bahan beracun dan berbahaya digunakan saat proses pembuatan sistem fotovoltaik yang berpengaruh terhadap lingkungan. Meski demikian polusi yang dihasilkan oleh energi matahari lebih sedikit dibandingkan energi alternatif yang lainnya.

Sudah Saatnya Beralih ke Energi Alternatif

Kini, sudah saatnya Anda beralih dari energi konvensional ke energi alternatif PLTS. Selain lebih hemat, energi PLTS juga lebih ramah lingkungan. Dengan biaya listrik yang lebih hemat membuat Anda juga diuntungkan. Eits, tidak hanya itu saja lho dengan beralih ke energi alternatif itu artinya Anda ikut berpartisipasi dalam menjaga kesehatan lingkungan. Bahkan efek pemanasan global bisa berkurang.

Jangan pernah menganggap remeh pemanasan global, karena dampak terparah yang bisa terjadi adalah es di kutub semakin meleleh dan menyebabkan negara dengan letak lebih rendah menjadi tenggelam. Efek mengeringkan lainnya adalah kekeringan bahkan tidak ada air tanah yang bisa mencukupi kebutuhan manusia. Mengerikan sekali ya! Oleh sebab itulah mulai dari sekarang kita harus mencegah efek global warming menjadi semakin parah.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan pembangkit listrik tenaga surya yang menarik untuk Anda ketahui, Nah untuk mendapatkan panel surya terbaik, Anda bisa menggunakan jasa SUN Energy, perusahaan pengembang proyek sistem tenaga surya paling besar di Indonesia yang satu ini mampu memberikan solusi terintegrasi dari konsep sampai konstruksi, selain itu SUN Energy menawarkan beragam model pembiayaan lho sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda, menariknya lagi SUN Energy juga menawarkan zero investment dengan suku bunga kompetitif, yuk gunakan produk SUN Energy sekarang juga!

Leave a Comment