Home » Bisnis » Jenis-jenis Investasi Obligasi dan Keuntungan Mendapatkan Kupon Obligasi Pemerintah dengan Mata Uang IDR Sukuk Ritel (SR)

Jenis-jenis Investasi Obligasi dan Keuntungan Mendapatkan Kupon Obligasi Pemerintah dengan Mata Uang IDR Sukuk Ritel (SR)

Ada berbagai investasi menarik yang bisa dipilih investor untuk mulai manajemen keuangan dan menyiapkan keuangan yang lebih baik di masa depan. Untuk menghadapi pergerakan situasi ekonomi saat ini, banyak investor yang mencoba untuk investasi obligasi ritel atau surat utang negara. Pasalnya investasi obligasi memiliki nilai kupon yang relatif lebih tinggi daripada bunga deposito.

Bukan hanya itu, investasi obligasi juga mempunyai risiko yang cukup rendah serta sudah dijamin oleh undang-undang dan diterbitkan langsung oleh pemerintah dengan dukungan dana APBN. Bagi investor yang melakukan investasi obligasi ritel akan mendapatkan kupon yang bisa dianggap sebagai pendapatan tetap setiap bulannya. Investor juga akan menerima keseluruhan nilai pokok investasinya kembali ketika jatuh tempo.

Jenis-jenis Investasi Obligasi Ritel

Menjadi investor yang baik dan sukses itu harus banyak belajar dan memahami strategi berinvestasi. Sebelum melakukan investasi obligasi ritel, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenisnya, karena obligasi ini hanya dijual di periode tertentu saja. Berikut beberapa jenis-jenis investasi obligasi, yaitu;

1. Savings Bond Ritel (SBR)

Jenis investasi obligasi yang pertama yaitu Saving Bond Ritel atau SBR. Investasi ini memiliki kupon yang mengambang atau floating, di mana nilai kupon pada awal penjualan adalah nilai minimal sampai jatuh tempo. Namun tetap ada potensi naik kedepannya sesuai dengan BI 7 day Reverse Repo Rate yang ada pada setiap 3 bulan sekali. Sehingga keuntungan yang bisa Anda dapatkan akan lebih besar lagi.

Untuk investasi obligasi SBR ini tidak bisa dijual lagi, namun mempunyai fasilitas hari pencairan atau redemption sebagian nilai pokok investasi yang akan diberikan dalam jangka waktu tertentu.

2. Obligasi Negara Ritel (ORI)

Jenis investasi obligasi selanjutnya adalah obligasi negara ritel atau ORI. Untuk obligasi ORI sendiri dijual khusus secara online serta ditunjang melalui platform SBN. Obligasi negara ritel (ORI) juga bisa dijual di pasar sekunder.

3. Sukuk Tabungan (ST)

Jenis investasi sukuk tabungan ini hampir sama dengan SBR, di mana mempunyai kupon yang mengembang serta fasilitas early redemption. Dewan Syariah nasional dan majelis ulama Indonesia (DSN-MUI) menyatakan sesuai Syariah bahwa investasi ini tidak mengandung unsur gharar atau ketidakjelasan, unsur maisir atau judi dan unsur riba.

4. Sukuk Ritel (SR)

Selanjutnya terdapat investasi sukuk ritel yang juga sesuai dengan prinsip syariah. Investasi obligasi satu ini menawarkan potensi capital gain serta bisa dijual belikan ke investor lainnya melalui pasar sekunder. Hasil penjualan investasi obligasi sukuk ritel ini cukup besar dan diminati oleh banyak investor.

Keuntungan Investasi Sukuk Ritel (SR)

Memang setiap jenis investasi obligasi memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Pasalnya dalam investasi SBR, ST, ORI dan SR memiliki beberapa perbedaan. Namun dalam hal ini, kami telah merangkum beberapa hal mengenai investasi sukuk ritel yang menguntungkan, yaitu:

●      Tenor

Dalam hal Tenor atau jangka waktu investasi SR sama seperti ORI yaitu memiliki tenor tiga tahun dan dapat dijual sebelum jatuh tempo di pasar sekunder. Ini berbeda dengan SBR dan ST yang memiliki tenor 2 tahun dan tidak dapat dijual belikan di pasar sekunder

●      Potensi Capital Gain

Perihal capital gain, harga SR dan ORI dapat mengalami kenaikan dan penurunan sesuai dengan permintaan di pasar.

●      Keuntungan Kupon

Untuk keuntungan atau imbal hasil ORI/SR, FR dan lainnya besarannya tetap sampai jatuh tempo. Makanya apabila ada kenaikan atau penurunan suku bunga obligasi kupon tidak menyesuaikan.

Investasi Obligasi yang Aman dan Mudah di DBS Treasures Saja!

Investasi obligasi ini adalah investasi yang aman dan sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bisa melakukan investasi obligasi dengan mudah di bank prioritas DBS Treasures saja. Ada beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa Anda rasakan dengan investasi obligasi, yaitu

1. Dijamin dalam UU

Anda tak perlu khawatir akan terkena masalah atau hal lainnya saat melakukan investasi obligasi, karena investasi ini diterbitkan langsung oleh pemerintahan dan sudah dijamin dalam undang-undang.

2. Tersedia Beragam Pilihan

Melalui DBS Treasures, Anda juga tetap bisa melakukan investasi obligasi dengan beragam pilihan mata uang dan jangka waktu yang sesuai preferensi. Adapun mata uang yang tersedia yaitu IDR, USD, dan EUR.

3. Kupon Reguler untuk Pembayaran

Dalam melakukan investasi obligasi, Anda akan mendapatkan kupon reguler untuk pembayaran secara periodik. Kupon ini akan dibayarkan secara berkala oleh penerbit obligasi selama periode investasi. Tentunya kupon yang diberikan juga kompetitif atau di atas rata-rata deposito berjangka.

4. Tidak Ada Biaya Tambahan

Dengan melakukan investasi obligasi maka tidak ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan, melainkan hanya seberat atau selisih antara harga beli dan harga jual (bid dan offer).

5. Potensi Capital Gain

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa investasi obligasi ini bisa dijual kapanpun sebelum jatuh tempo. Investor dapat memperoleh potensi keuntungan dan kenaikan harga obligasi.

6. Transaksi 24/7

Dengan investasi obligasi di DBS Treasures, Anda bisa melakukan transaksi setiap saat 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS. Selain itu, ada banyak pula produk yang dijual belikan di Aplikasi digibank by DBS. Itulah beberapa hal mengenai investasi obligasi yang bisa Anda ketahui. Jangan lewatkan untuk menikmati keuntungan investasi obligasi di DBS Treasures. Anda akan mendapatkan strategi manajemen keuangan yang baik dan panduan berinvestasi dari yang ahlinya untuk mengambil keputusan dengan akurat dan tepat.

Leave a Comment