Home » Rumah » Cara Mencegah Kebakaran Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Cara Mencegah Kebakaran Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Kebakaran rumah adalah mimpi terburuk bagi semua pemilik rumah karena bisa menimbulkan banyak kerugian. Tapi kebakaran dapat dicegah. Korsleting listrik bertanggung jawab atas kebakaran, namun kebakaran rumah yang disebabkan oleh memasak, lilin, dan merokok di dalam ruangan. Untuk membantu mencegah kebakaran di rumah Anda, mari ingatkan diri Anda tentang beberapa panduan penting untuk menjaga keamanan rumah dan keluarga Anda.

Kebakaran yang tidak disengaja dapat menyala dengan ketidakpastian yang menakutkan, menyebar tak terkendali dalam hitungan detik, dan dapat memusnahkan rumah dalam hitungan menit. Kebakaran rumah membahayakan semua orang di rumah dan bahkan kebakaran kecil yang dipadamkan dengan cepat sering mengakibatkan kerusakan pada property atau furniture.

Cara Cerdas Mencegah Kebakaran Rumah

Rumah Anda penuh dengan benda dan bahan yang dapat terbakar. Beberapa penyebab umum kebakaran rumah sudah tidak asing lagi bagi semua orang, sementara yang lain mungkin tidak Anda ketahui. Mengidentifikasi dan menurunkan risiko ini membantu Anda menurunkan kemungkinan kebakaran rumah, menjaga keamanan keluarga dan properti Anda.

  1. Matikan Semua Alat Pemanas Sebelum Tidur

Sebelum tidur malam, pastikan Anda mematikan setiap perangkat yang menghasilkan panas atau api. Jangan biarkan kompor menyala, lilin menyala atau bahkan lampu pohon dan dekorasi listrik lainnya menyala saat Anda pergi tidur.

Jika Anda lupa mematikan kompor yang menyala tentu saja akan sangat berbahaya, ini bisa menjadi sumber kebakaran yang dapat melahap rumah Anda dengan waktu singkat. Menyalakan lilin tanpa pengawasan juga bisa menjadi pemicu kebakaran, oleh karena itu, matikan lilin sebelum Anda dan keluarga Anda tidur.

Dekorasi yang menggunakan listrik juga cukup bahaya dan bisa saja menjadi penyebab kebakaran rumah. Apalagi jika kabel lampu mengalami masalah, seperti terkelupas, maka ini sangat bahaya tidak hanya bisa membuat Anda atau keluarga Anda kesetrum, namun juga bisa menjadi sumber kebakaran.

  1. Tetap Waspada Saat Memasak

Kompor yang menyala tanpa pengawasan adalah penyebab utama kebakaran rumah. Oleh karena itu, tetap waspada saat memasak makanan, ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah terjadinya kebakaran rumah. Kebakaran sangat sering disebabkan oleh minyak yang terlalu panas di atas kompor atau di dalam oven yang bisa mengeluarkan api.

Anda tetap bisa menikmati kegiatan memasak Anda, namun ingat selalu waspada saat Anda memasak, jangan sekali-kali untuk meninggalkan dapur terlalu lama jika kompor sedang menyala.  Berikut beberapa langkah keamanan dapat membantu Anda menghindari kebakaran rumah:

  1. Selalu berada di dapur saat Anda sedang menggoreng, memanggang, merebus, atau memanggang makanan. Intinya pada saat Anda menyalakan barang-barang yang dapat menyebabkan kebakaran seperti kompor bahkan oven.
  2. Hindari memasak saat Anda benar-benar kelelahan dan kemungkinan akan tertidur.
  3. Lihatlah ke sekeliling dapur Anda dan jauhkan apa pun yang mudah terbakar, seperti buku masak, lap piring, dan tisu dari kompor.
  4. Memperhatikan dan tetap berada dalam jarak pandang akan membantu Anda menghindari kebakaran yang tidak terkendali.

Peralatan masak portable, seperti pemanggang roti dan wajan listrik, juga bisa menjadi sumber kebakaran. Jangan pernah meninggalkan peralatan portabel ini tanpa pengawasan, dan pastikan peralatan tersebut dingin saat disentuh sebelum menyimpannya. Pemanggang roti harus dibersihkan secara teratur dari remah-remah yang dapat terbakar jika menumpuk di dalam alat.

  1. Berhati-Hatilah Saat Anda Merokok

Jadilah cerdas dan perhatikan. Jangan meletakkan rokok yang terbakar di dekat bahan, seperti sprei, yang dapat terbakar. Pastikan rokok Anda benar-benar padam setelah selesai, dan jangan membuang rokok yang membara di tempat sampah atau di halaman.

Merokok menimbulkan penyebab utama lain kebakaran. Anda bisa Buat kebijakan dilarang merokok di dalam rumah. Singkirkan kebiasaan merokok Anda di dalam rumah. Dan jika Anda atau keluarga Anda tidak bisa menerapkan peraturan ini, pastikan untuk mematikan rokok sepenuhnya, dan simpan asbak atau ember pasir yang kokoh di lokasi yang mudah dijangkau oleh perokok di luar ruangan.

Jika kebijakan larangan merokok tidak praktis di rumah Anda, pastikan anggota keluarga dan tamu merokok dengan hati-hati. Dan pastikan tidak ada yang merokok di dekat barang-barang yang mudah terbakar seperti kertas, tisu dan lain sebagainya.

  1. Periksa Kabel Listrik Rumah Anda

Berbagai jenis kesalahan listrik pada kabel rumah dapat menyebabkan kebakaran. Perhatikan kondisi kabel listrik di rumah Anda. Secara teratur periksa bagian-bagian yang berfungsi dari peralatan lain yang mendorong panas. Terutama di mana peralatan telah mengalami kerusakan.

Jika Anda menemukan kerusakan kabel pada perangkat penghasil panas, sebaiknya ganti unit. Jika ditemukan kerusakan pada kabel yang terpasang di rumah Anda, maka Anda perlu mencari ahli listrik untuk mendapatkan bantuan profesional. Kebakaran listrik menimbulkan ancaman serius bagi rumah dan Anda selalu lebih aman daripada menyesal!

Sistem kelistrikan yang dipasang dengan benar sangat aman, dengan sejumlah fitur pelindung bawaan, tetapi sistem perkabelan yang lama dan rusak dapat rentan terhadap korsleting dan beban berlebih. Sebaiknya kabel Anda diperiksa oleh ahli listrik profesional, terutama jika Anda tinggal di rumah yang lebih tua. Dan jangan melakukan perbaikan atau peningkatan kelistrikan sendiri kecuali Anda memahami prinsip kelistrikan dan memiliki pengalaman melakukan pekerjaan tersebut.

  1. Hindari Menyalakan Lilin dari Barang-Barang yang Mudah Terbakar

Meskipun cahaya lilin mungkin terlihat tidak membahayakan, tapi pastikan untuk mengikuti beberapa tindakan pencegahan keselamatan. Jauhkan lilin dari benda-benda yang dapat terbakar. Ini termasuk tirai, kap lampu, rak buku, dan kertas.

Meskipun lilin berada dalam wadah kaca atau logam, letakkan diatas piring keramik atau tempat tahan api lainnya, bukan langsung di atas furniture. Yang terpenting, jangan pernah meninggalkan lilin yang menyala tanpa pengawasan, dan jangan tertidur dengan lilin yang menyala.

Jadi selalu ingat, saat Anda menyalakan lilin dan Anda ingin tidur atau pergi dalam waktu yang lama, maka jangan lupa untuk mematikan lilin Anda. Ini adalah cara sederhana yang dapat menghindari kebakaran rumah.

  1. Lindungi Rumah Anda dengan Asuransi Kebakaran

Pastinya Anda tidak ingin rumah yang Anda tinggali dari kecil atau bahkan Anda bangun bertahun-tahun lenyap dilahap api kebakaran bukan? Nah untuk memberikan perlindungan terhadap rumah Anda adalah dengan membeli asuransi kebakaran.

Memang benar asuransi kebakaran bukan cara untuk mencegah kebakaran rumah, namun mencegah Anda mengalami kerugian yang diakibatkan kebakaran. Jika rumah Anda kebakaran, maka asuransi berperan penting dalam memberikan penggantian kerugian yang Anda alami, seperti perbaikan property, penggantian harta benda, menyediakan tempat tinggal sementara dan biaya medis.

Anda dapat membeli asuransi kebakaran rumah Garda Home untuk perlindungan rumah Anda. Rumah Anda akan mendapatkan proteksi dan jaminan penggantian kerugian yang Anda alami akibat kebakaran rumah.

Leave a Comment