Home » Ragam » Cara Memutihkan Kulit Balita Yang Alami dan Aman

Cara Memutihkan Kulit Balita Yang Alami dan Aman

Siapa yang tidak suka kulit putih, apa lagi kalau balita! Pasti kalau dipandang jadi lebih menggemaskan. Meski sejatinya setiap kulit itu unik dan cantik, beberapa orangtua kerap gelisah karena kulit balitanya berangsur-angsur gelap dan kusam saat usia bertambah. Padahal saat bayi kulitnya bersih. Jika dikasih pemutih, rasanya tidak mungkin. Nah, untuk itu ada cara-cara alami yang bisa dipakai. Cara-cara membuat kulit balita jadi putih berikut ini sangat aman baginya.

Cara Membuat Kulit Balita Jadi Putih Bersih Dengan Bahan Alami

Oatmeal, Tomat dan Yogurt

Pakailah campuran yogurt, tomat dan oatmeal supaya kulit si Kecil bisa kembali putih seperti sedia kala. Pastikan untuk mengaplikasikannya secara rutin. Manfaat dari olesan tiga bahan ini sangat besar, yakni menghaluskan kulit dan memutihkan tanpa menimbulkan efek yang membahayakan. Oleskan campuran ini pada seluruh tubuh secara teratur.

Aplikasikan Scrub Khusus Untuk Bayi

Tahukah kalau Moms bisa juga loh buat scrub yang didesain khusus untuk bayi dan balita. Caranya mudah sekali, cukup campurkan baby oil, susu, air mawar dan juga kacang arab bubuk. Campuran ini sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati dan memutihkan kulit. Serta, kotoran yang menempel di kulit bisa terangkan. Jangan lupa untuk menggosok-gosok scrub ini secara perlahan agar tidak membahayakan si Kecil.

Campuran Kunyit dan Susu

Satu lagi pilihan yang bisa dijadikan lulur untuk si kecil adalah bubuk kunyit, dan susu. Dua bahan ini dianggap sangat efektif dalam proses pemutihan kulit. Caranya pun juga sangat mudah, cukup campurkan susu dan bubuk kunyit hingga berbentuk pasta kemudian oleskan ke kulit bayi atau balita. Diamkan sampai mengering. Setelah kering, mandikanlah si Kecil dengan sabun.

Pakai Kentang Mentah

Kentang mentah ternyata memiliki fungsi yang sangat besar untuk kulit, yaitu sebagai exfoliator. artinya, kentang mentah ini mampu mengangkat sel kulit mati. Caranya pun juga sangat mudah, cukup dengan mengupas kentang dan diparut secukupnya. Lakukan cara ini sebelum memandikan balita atau bayi Anda.

Oleskan Jus Buah Bit

Bit atau beetroot dikenal dengan zatnya yang mampu memutihkan kulit. Caranya pun mudah, Moms cukup membuat jus buah bit yang dicampur dengan kunyit, setelah itu dioleskan ke seluruh kulit si Kecil.

Jangan Lupa Berikan Buah

Buah-buahan boleh diberikan pada bayi atau balita yang sudah bisa makan nasi. Buah ini kaya akan nutrisi penting yang baik untuk kulit. Selain itu, khasiat buah paling utama adalah menangkal radikal bebas sehingga ia tidak mudah sakit. Jadikan buah-buahan sebagai sumber makanan rutin untuk si Kecil agar kulitnya sehat.

Mandikan Dengan Suhu yang Pas

Cara memandikan si Kecil adalah bagian terpenting. Jangan memandikan si Kecil dengan air yang terlalu dingin atau pas karena hal ini akan berpengaruh padah pigmentasi kulit. Selain itu, memandikannya juga harus tidak boleh terlalu banyak. Dua kali adalah waktu yang ideal untuk membersihkan kulitnya. Sebab, jika Moms terlalu sering memandikan si kecil, dikhawatirkan kulitnya akan mengering dan ini tidak bagus untuk penampilan.

Apa Saja Faktor Penyebab Kulit Gelap?

Faktanya, ada banyak sekal faktor yang menyebabkan kulit si Kecil gelap, antara lain:

Faktor Genetik

Genetik adalah faktor keturunan dari orang tua dimana faktor ini sangat sulit dirubah. Faktor ini bisa diturunkan baik dari sisi ibu dan ayah atau keduanya.

Faktor Kebiasaan

Apa bila saat masih usia awal balita memiliki kulit yang cerah dan bersih, lalu kemudian berubah menjadi semakin gelap saat usia dewasa, bisa jadi ini karena faktor kebiasaan. Dan Moms tidak usah khawatir karena hal ini sangat lumrah. Umumnya, balita kerap bermain di area terbuka sehingga ia terkena sinar matahari lebih banyak, belum lagi debu yang membuat kulitnya kusam. Agar hal ini tidak terjadi, Moms bisa mencegah si Kecil melakukan kebiasaan ini atau mengaplikasikan produk khusus untuk bayi agar terlindung dari sinar matahari.

Apa Saja Sih Manfaat Memutihkan Kulit Dengan Bahan Alami?

Karena masih kecil, sangat penting untuk berhati-hati dalam memilih produk kulit untuk si bayi. Apa lagi kalau ini berkenaan dengan memutihkan kulit. Memilih bahan alami sangatlah tepat karena banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, antara lain:

Aman

Bahan alami tidak mengandung zat kimia berbahaya yang beresiko pada keselamatan si kecil. Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu ragu dengan resiko alergi yang akan dialami si kecil karena bahan yang Moms diracik dengan tangan sendiri.

Kulit Semakin Bersih, Cerah dan Putih

Bila Moms memakai bahan-bahan yang disebutkan di atas, kulit sudah pasti akan menjadi lebih bersih, cerah dan putih. Meskipun hasilnya tidak secepat bahan kimia, tapi bila dilakukan secara rutin nantinya hasil akan mulai tampak dalam beberapa waktu.

Melembutkan

Manfaat lain yang didapatkan dari bahan-bahan alami yaitu bisa melembutkan kulit. Bahannya sendiri pun juga tidak akan menyakiti Si Kecil karena umumnya bahan diblender dan dihaluskan sampai lembut. Selain itu pengaplikasiannya juga dilakukan secara hati-hati.

Wangi

Wangi yang dihasilkan dari bahan alami ini sangatlah khas dan tidak dimiliki oleh produk-produk yang biasa dibeli dipasaran. Baunya unik dan tidak membosankan. Selain itu, aroma bahan alami ini juga tidak terlalu tajam sehingga sangat aman buat si Kecil.

Berapakah Batas Aman Memutihkan Kulit Si Kecil?

Moms perlu ingat bahwa segalanya memiliki batas aman. Meskipun sejatinya Moms memakai bahan alami, bukan berarti bahan-bahan di atas boleh diaplikasikan setiap hari. Apa lagi cara pemakaiannya yang harus dilakukan dengan cara hati-hati mengingat kulit si Kecil masih sensitif. Selain itu, jangan terlalu sering mengaplikasikannya, cukup dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Berapakah Batas Aman Memutihkan Kulit Si Kecil?

Moms perlu ingat bahwa segalanya memiliki batas aman. Meskipun sejatinya Moms memakai bahan alami, bukan berarti bahan-bahan di atas boleh diaplikasikan setiap hari. Apa lagi cara pemakaiannya yang harus dilakukan dengan cara hati-hati mengingat kulit si Kecil masih sensitif. Selain itu, jangan terlalu sering mengaplikasikannya, cukup dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Kondisi yang Dihindari Ketika Proses Memutihkan Kulit

Balita masih memiliki kulit yang sensitif dan harus diperhatikan dengan baik cara perawatannya. Setiap bayi atau balita memiliki reaksi tersendiri pada bahan-bahan tertentu. Bila Moms menemukan kondisi di bawah ini, sebaiknya dihindari.

Muncul Ruam Merah

Jangan menggunakan ramuan pemutih apa pun baik kimia maupun alami bila si Kecil memiliki ruam merah. Hal ini juga berlaku ketika Moms mengaplikasikan pemutih alami untuknya. Ruam yang terjadi pada si Kecil ini merupakan penanda ia mengalami iritasi.

Gatal-gatal

Gatal-gatal juga kerap muncul bila balita tidak cocok dengan komposisi tertentu. Ini bisa jadi bentuk reaksi alergi terhadap bahan tertentu yang diberikan. Nah, kalau ini terjadi, hentikan pemakaian secepatnya dan mandikan si kecil supaya bahan yang menempel di kulit menghilang.

Kulit Kering

Ramuan bahan alami harus segera dihentikan kalau kulit si Kecil mengalami kekeringan. Bila ini dilanjutkan, ini akan membuat kulit si kecil jadi lebih perih. Kalau kondisi kulit kering berlanjut, berikan gel lidah buaya, baby oil atau pelembab agar kulitnya tidak kering.

Lengkapi Asupan Nutrisinya Dengan Peralatan Yang Baik

Selain menggunakan ramuan di atas, asupan gizi yang tepat juga penting supaya kulit si Kecil senantiasa sehat. Ini juga tidak luput dengan kenyamanannya dalam meminum susu. Gunakan produk dari Dr. Brown’s yang memiliki kinerja fantastis. Botol ini berkualitas tinggi karena memberikan bayi atau balita pengalaman menyusu seperti menyusu pada ibu. Terdapat teknologi natural flow yang membuat air susu mengalir sendiri sehingga si kecil tidak mengalami bingung puting. Terdapat juga series dot bayi baru lahir yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ayo coba sekarang!

Leave a Comment