Home » Komputer » Beberapa Rumus Perkalian Excel yang Mudah Dipahami

Beberapa Rumus Perkalian Excel yang Mudah Dipahami

Salah satu alat profesional yang paling mudah digunakan saat ini adalah Microsoft Excel. Dengan Excel, Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai operasi dasar yang melibatkan angka, data, dan grafik. Tidak mengherankan bahwa Excel menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Apalagi, aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai formula rumus yang sangat berguna. Salah satunya adalah rumus perkalian Excel yang dapat membantu Anda dalam perhitungan yang kompleks.

Rumus perkalian Excel adalah salah satu formula dasar yang perlu dipahami dengan baik. Tidak hanya itu, cara penggunaannya juga sangatlah sederhana, cepat, dan mudah.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari laman support.microsoft.com, rumus perkalian Excel memiliki peran penting dalam pengolahan data, karena dapat menghemat waktu dan menghindari kesalahan manusia yang mungkin terjadi dalam perhitungan manual. Oleh karena itu, rumus perkalian Excel sangat berguna untuk menyelesaikan tugas dengan cepat. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk menggunakan rumus perkalian Excel dengan efektif.

1. Rumus Perkalian Excel Sederhana

Tidak perlu khawatir, rumus ini sangatlah mudah dipahami dan sederhana. Dalam Excel, rumus ini juga dikenal dengan sebutan “rumus asterisk” karena menggunakan simbol asterisk atau bintang (*) saat diterapkan.

Misalnya, jika Anda ingin mengalikan angka 5 dengan 4, Anda hanya perlu menggunakan rumus =5*4. Rumus ini juga berlaku ketika Anda ingin mengalikan bilangan yang ada di dalam sel.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengalikan angka dalam sel A1 dengan A2, Anda hanya perlu menulis rumus =A1*A2 di kolom hasilnya. Dengan begitu, Excel akan secara otomatis mengalikan angka yang ada di kedua sel tersebut.

2. Perkalian Menggunakan Nilai Konstanta

Dalam Excel, terdapat sebuah rumus perkalian yang sangat berguna ketika ingin mengalikan data dengan nilai konstanta. Nilai konstanta sendiri merujuk pada nilai yang tetap dan tidak berubah.

Penerapan rumus ini cukup sederhana, Anda hanya perlu menambahkan simbol $ pada rumus yang digunakan. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengalikan angka pada kolom A2 dengan nilai yang tetap di sel C4, rumus yang digunakan adalah =A2*$C$4.

Simbol $ digunakan untuk menunjukkan bahwa angka pada sel C4 bersifat absolut atau tidak dapat diubah. Keuntungannya, rumus ini dapat langsung diterapkan pada kolom lain dengan cara menyeret formula ke kolom selanjutnya. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengalikan data dengan nilai konstanta pada seluruh rangkaian data Anda.

3. Fungsi PRODUCT dalam Excel

Berguna untuk mengalikan data dalam jumlah banyak secara otomatis, rumus ini merupakan pilihan yang tepat. Dengan menggunakan fungsi PRODUCT, kita dapat melakukan perkalian data pada satu rentang secara bersamaan.

Misalnya, jika Anda ingin mengalikan angka pada sel B2 hingga B10, rumus Excel dapat dituliskan sebagai berikut: =PRODUCT(B2:B10). Tanda titik dua (:) digunakan sebagai penanda rentang data, yang menunjukkan bahwa seluruh data di antara B2 dan B10 akan dijumlahkan, bukan sebagai tanda bagi atau pemisah. Dengan menggunakan rumus ini, Anda dapat dengan mudah mengalikan seluruh rentang data tersebut secara efisien.

4. Rumus Perkalian Excel dengan Presentase

Proses pembuatan laporan sering kali membutuhkan perhitungan presentase atau persentase. Untungnya, Excel menawarkan cara yang cepat untuk mengalikan angka dengan persentase.

Mari kita simak langkah-langkah penggunaan rumus perkalian untuk menghitung presentase.

Untuk menghitung presentase dengan cepat menggunakan Excel, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Tulis persentase yang akan digunakan sebagai faktor pengali, misalnya 30%.
  2. Salin nilai persentase tersebut.
  3. Seret kolom yang ingin Anda kalikan dengan persentase.
  4. Klik kanan dan pilih “Paste Special”.
  5. Pilih opsi “Values” dan “Multiply”.
  6. Tekan tombol OK.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengalikan kolom data dengan persentase yang telah ditentukan secara cepat dan efisien menggunakan Microsoft Excel. Anda bisa mengikuti kursus excel terdekat untuk bisa memiliki keterampilan mengolah data menggunakan Excell dengan baik dan benar.

Leave a Comment