Berat Badan Ibu Hamil yang Ideal?

Berapa sih berat ideal untuk Mami saat si kecil masih berada di dalam perut?

Ibu hamil di sarankan untuk mengatur berat badan agar tetap berada pada kondisi ideal dan tetap menjaga pola makan dengan gizi yang cukup dan seimbang. Pada trimester pertama atau 3 bulan pertama, berat badan Ibu tidak akan naik terlalu banyak, kira-kira hanya 1 sampai 2.5 kg bahkan mungkin tidak naik ataupun berkurang dikarenakan oleh muntah-muntah yang disebabkan oleh morning sickness.    Peningkatan berat badan yang cukup pesat akan terjadi pada trimester 2 dan 3, pada trimester kedua berat badan akan naik sampai 0.3 sampai 0.4 kilogram perminggu. Dan pada trimester ketiga, berat badan ibu hamil akan naik 1 kilogram perbulan. Kenaikan total berat badan selama kehamilan, normalnya berkisar antara 12-15 kg.    Berat badan ideal calon Ibu saat mulai kehamilan berkisar antara 45-65 kg. Berat badan calon ibu yang kurang (underweight) atau berlebih (overweight), akan berisiko baik kepada ibu maupun bayi yang dikandungnya.Overweight memang berdampak negatif pada ibu dan janin yang dikandungnya baik saat hamil, persalinan, maupun seusai persalinan. Ibu berisiko mengalami hipertensi dan terkena diabetes. Risiko lainnya, plasenta yang berfungsi mensuplai oksigen akan menyempit karena lemak, hal ini dapat menghambat pertumbuhan bayi.   Untuk ibu hamil yang mengalami overweight dianjurkan untuk jalan kaki di pagi hari atau berenang, dimana selain dapat membuat ibu sehat juga dapat membakar kolesterol dan lemak dalam tubuh. Perlu diingat jangan melakukan olahraga berat seperti jogging maupun olahraga keras lainnya karena akan membahayakan janin, selain itu akan mengakibatkan penghancuran lemak terlalu drastis dan mengakibatkan keton lemak meracuni janin.   Sebaliknya kondisi underweight juga berisiko, dimana pertumbuhan bayi akan terhambat, ancaman kelahiran prematur serta risiko cacat pada bayi. Perlu diperhatikan oleh para ibu hamil agar makan makanan bergizi yang memenuhi syarat dengan gizi seimbang, hentikan kebiasaan merokok, minum alkohol, minum obat-obatan yang tidak perlu dan istirahat yang cukup.    Pada ibu yang underweight, kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 0,5 kg setiap minggu. Pada ibu yang normal dan obese kenaikan yang dianjurkan adalah lebih kecil, masing-masing 0,4 dan 0,3 kg setiap minggu Pada kondisi overweight yang bisa dilakukan adalah tetap menjaga pola makan dengan gizi cukup dan seimbang, selain itu hindari makanan pemicu gula darah tinggi seperti makanan yang manis-manis, berlemak, goreng-gorengan, dan makanan tinggi kolesterol.    Sumber: dikutip dari berbagai sumber Klik disini untuk melihat artikel lain >>  https://www.mamibuy.co.id/talk/article/